pilkada serentak 2020

6 Pasangan Calon Pilkada Serentak 2020 dari Keluarga Pejabat Pemerintah Pusat Indonesia

rasikafm.co.id – Penuh polemik pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di Indonesia tahun 2020 tetap dilaksanakan pada beberapa wilayah di tanah air. Hal ini bukan tanpa alasan, karena pandemi Covid 19 masih menjadi ancaman kesehatan untuk seluruh warga, sehingga banyak pakar dan ahli tidak setuju mengenai pemilihan tersebut. 

Namun setelah diputuskan oleh Presiden Joko Widodo,Pilkada serentak tetap dilaksanakan dan tidak bisa diundur membuat banyak lapisan masyarakat yang kecewa atas keputusannya. Namun apakah Anda telah mengetahui ada beberapa pasangan calon yang berasal dari keluarga pemerintahan pusat? Untuk lebih lengkapnya,simak pembahasan dibawah ini. 

Daftar Nama Pasangan Calon

Menariknya pada pemilihan serentak ini banyak calon yang berasal dari kalangan pemerintah pusat, sehingga menimbulkan berbagai spekulasi di masyarakat. Lantas, siapa saja yang ikut berpartisipasi dalam pemilihan tersebut?

1. Keluarga Presiden RI, Gibran Rakabuming 

Mungkin dari Anda telah mengetahui sosok anak tertua dari Presiden Joko Widodo tersebut. Dulunya putra sulung Presiden RI telah dikenal masyarakat sebagai seorang pebisnis yang berkecimpung di dunia catering dan kuliner. Namun belakangan ini namanya sempat menjadi sorotan media dan masyarakat. 

Karena Gibran Rakabuming mendeklarasikan dan resmi mengajukan diri pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 secara langsung. Melalui Partai PDI-Perjuangan, Gibran akan maju sebagai calon wali Kota Solo pada pemilihan secara serentak bersama wakilnya Teguh Prakosa yang akan meramaikan pemilihan di kota tersebut. 

2. Menantu Presiden RI, Bobby Nasution 

Selanjutnya masih bagian dari keluarga Presiden RI, Bobby Afif Nasution atau lebih biasa dikenal sebagai Bobby Nasution maju sebagai bakal calon Wali Kota Medan, Sumatera Utara. Menantu dari Joko Widodo tersebut diusung oleh PDI-P dan siap untuk bersaing pada pemilihan serentak  pada 9 Desember 2020 mendatang. 

pilkada serentak 2020

Sebelumnya suami dari Kahiyang Ayu belum mendapatkan persetujuan langsung dari partai yang mengusungnya. Namun setelah melewati beberapa tahap, Bobby Nasution berpasangan dengan Aulia Rahman. Didukung oleh beberapa partai, baik dari PDI Perjuangan, Nasdem, Golkar, PPP, Gerindra, dan beberapa partai lainnya. 

3. Keluarga Wakil Presiden, Siti Nur Azizah 

Ketika telah mengetahui beberapa calon dari keluarga Presiden RI, selanjutnya langsung ke sosok putri keempat Wakil Presiden Indonesia yaitu Siti Nur Azizah. Berdasarkan data dari KPU Siti dan Ruhamaben maju sebagai wali kota Tangerang Selatan. Pasangan ini diusung oleh sejumlah partai yaitu PKB, PKS, dan Partai Demokrat. 

Pencalonan wali kota Tangerang Selatan akan diramaikan dengan ketiga pasangan calon yang diusung beberapa partai. Di masa pandemi sekarang ini penerapan protokol kesehatan dan tidak melakukan kerumunan membuat lebih berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Sehingga beberapa alasan inilah membuat banyak masyarakat yang tidak setuju penyelenggaraan itu. 

Baca Juga : Mardigu Wowiek, Pengusaha yang Mempunyai Julukan Bossman Sontoloyo

4. Anak Kandung Sekretaris Kabinet, Hanindhito 

Selanjutnya deretan anak dan keluarga dari pejabat pusat yang maju sebagai calon Pilkada serentak 2020 adalah Hanindhito Himawan Pramana. Anak dari Sekretaris Kabinet tersebut maju sebagai Bupati Kediri bersama Dewi Maria Ulfa sebagai wakilnya. Pasangan ini didukung oleh PDI-P, PAN, PKB, Gerindra, Nasdem dan beberapa partai besar lainnya. 

Menariknya dalam pemilihan Bupati Kediri Hanindhito masih menjadi pasangan tunggal dan akan melawan kotak kosong. Karena sampai sekarang belum ada calon yang melawannya pada pemilihan serentak tersebut. Selain itu nama Hanindhito sempat mewarnai pemberitaan media-media nasional sampai sekarang. 

5. Keluarga Menteri Pertahanan, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo

Tidak ketinggalan keluarga dari Menhan Prabowo Subianto turut andil dalam pemilihan serentak tahun 2020 lewat kerabatnya yaitu Rahayu Saraswati Djojohadikusumo. Beliau adalah anak dari Hashim Djojohadikusumo dan Anie Hashim Djojohadikusumo. Pada Pilkada 2020 maju sebagai wakil wali kota Tangerang Selatan bersama Muhamad. 

Muhamad dan Sara langsung diusung oleh PDI Perjuangan, Gerindra, PSI, dan beberapa partai lainnya yang ikut mendukung pada perhelatan demokrasi tersebut. Pada pemilihan Tangerang Selatan ini Sara akan menantang pasangan dari Siti Nur salah satu putri dari Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’aruf Amin. 

6. Keluarga Menteri Pertanian, Irman Yasin Limpo 

Deretan pasangan calon dari keluarga pemerintahan pusat selanjutnya adalah adik kandung Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Irman Yasin Lippo maju sebagai calon wali kota Makassar bersama Andi Zunnun didukung oleh Partai Golkar, PKS, dan PAN. Pasangan ini ditantang oleh tiga pasangan yang ikut dalam Pilkada Serentak 2020 tersebut. 

Ada beberapa nama yang berasal dari keluarga dari pejabat pemerintahan pusat mewarnai pemilihan serentak tersebut. Ketiga pasangan yang akan melawan Irman yaitu Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando(Appi-Rahman), Ramdhan Pomanto-Fatmawati (Danny-Fatma), dan terakhir adalah Syamsu Rizal-Fadli Ananda. 

Nah itulah beberapa nama yang ikut dalam pemilihan kepala daerah tahun 2020 yang menuai banyak kritikan dari berbagai lapisan masyarakat. Ada yang menolak, karena masih terjadinya Pandemi Covid 19 dan ada yang menghubungkannya pada dinasti politik. Apapun tujuannya, Pilkada 2020 tetap berlangsung dan selalu patuhi protokol kesehatan.