investasi properti

Apa Saja Produk Investasi yang Cocok Di Masa Pandemi? Berikut Ulasannya

rasikafm.co.id – Menghadapi pandemi, ada banyak sektor perekonomian yang terkena dampak. Bahkan tidak sedikit pelaku usaha kecil yang harus gulung tikar. Akan tetapi, ternyata masih ada sektor yang masih bertahan yakni di pasar investasi. Namun dengan segala keterbatasan yang ada, para investor harus selalu tetap cermat dalam memilih produk investasi. Lantas, produk investasi apa saja yang cocok di masa pandemi? Yuk simak ulasannya disini.

4 Produk Investasi yang Tepat Di Masa Pandemi

  1. Logam Mulia

Emas dipilih menjadi alternatif investasi di tengah masa pandemi dikarenakan resiko investasi logam mulia seperti emas terbilang sangat minim. Tidak hanya itu, keuntungan investasi emas pun lumayan menggiurkan. Apalagi, cara investasi logam mulia jenis ini juga terbilang tidak sulit karena cukup dengan menerapkan sistem jual beli. Dimana sistem tersebut hanya tinggal beli ketika memiliki uang cukup, dan jual saat membutuhkan uang atau saat harga emas naik.

logam mulia

Perlu diketahui, harga logam mulia semisal emas relatif stabil bahkan masih bisa mengalami kenaikan meskipun inflasi. Apalagi saat ini sudah ada keringanan yang diberikan oleh beberapa e-commerce dengan program ‘menabung emas digital’ sehingga investor tidak perlu repot-repot mengurusi emas dalam bentuk fisik. Namun perlu diperhatikan, jangan mudah percaya pada lembaga keuangan yang memberikan penawaran produk investasi emas.

Lantas bagaimana caranya? Ada baiknya melakukan jual beli secara langsung di bank resmi terpercaya atau di PT. Aneka Tambang (ANTAM), kemudian simpan dalam brankas. Namun jika Anda memang tidak ingin berurusan dengan fisik emas secara langsung, maka perlu cermat dalam memilih lembaga keuangan yang tepat. Ada baiknya memilih lembaga keuangan yang sudah terdaftar oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) agar lebih terjamin keamanannya. Sama halnya seperti Tunaiku, pinjaman daring berbasis aplikasi yang sudah terdaftar dan diawasi OJK.

  1. Reksa Dana Pasar Uang

Perlu Anda ketahui, saat pandemi pasar modal saat ini masih dalam situasi tertekan. IHGS sebagai acuan utama indeks Bursa Saham Indonesia terus mengalami tekanan, dan hal tersebut juga terjadi pada kinerja investasi reksa dana. Menurut sebuah lembaga riset Infovesta, diketahui bahwa kinerja reksa dana dalam negara mayoritas negatif di tahun 2020. Sehingga reksa dana saham dan campuran bukan merupakan produk investasi yang tepat.

Namun sebaliknya, reksa dana pasar uang ternyata malah memberikan kinerja yang positif dan relatif stabil. Jadi bisa dikatakan bahwa tidak masalah memilih reksa dana pasar uang sebagai produk investasi di masa pandemi, pasalnya jenis investasi tersebut telah membuktikan bahwa ia aman karena kinerjanya yang stabil. Bahkan Anda bisa saja menginvestasikan hingga 30 persen keuangan di reksa dana pasar uang.

Baca Juga : Kasus George Floyd dan Beberapa Kasus Rasis di Dunia

  1. Surat Utang Negara (SUN)

Surat Utang Negara (SUN) atau yang kerap kali disapa dengan Surat Berharga Negara (SBN) merupakan produk investasi yang diterbitkan oleh pemerintah kepada warga negara Indonesia. Di masa pandemi, jenis investasi satu ini merupakan pilihan yang tepat mengingat keberadaannya yang dijamin oleh negara. Sehingga Anda sebagai investor tidak perlu khawatir akan mengalami kerugian.

Salah satu produk Surat Utang Negara yang dianggap paling efektif di masa pandemi adalah obligasi negara, yang di dalamnya terdiri dari SBR (Saving Bond ritel), ORI (Obligasi Ritel Indonesia), dan SR (Sukuk Ritel). Jenis investasi satu ini sangat mudah dicoba, bahkan untuk para pemula sekalipun. Modal untuk investasi SUN terbilang cukup ringan, yaitu mulai dari 1 juta rupiah. Perlu diketahui, dengan berinvestasi SUN maka Anda juga turut berkontribusi dalam membangun bangsa dan negara.

Investasi SUN memiliki sifat yang sama seperti tabungan, yakni tidak dapat diperdagangkan di pasar sekunder. Sehingga investasi tersebut hanya bisa dibeli pada saat pemerintah membuka penawaran dalam periode tertentu, kemudian investasi tersebut wajib disimpan hingga waktu jatuh tempo yang ditentukan. Pada saat berinvestasi Surat Utang Negara, maka Anda bisa tenang sebab risiko dari investasi satu ini sangatlah kecil.

  1. Investasi Properti

Sebagian orang melakukan pembelian properti tidak semata mata digunakan langsung sebagai hunian pribadi, tetapi juga dilakukan sebagai investasi. Entah properti tersebut nantinya digunakan sebagai hunian bersama keluarga atupun digunakan sebagai sumber pendapatan dengan menyewakan properti kepada orang lain. Perlu diketahui, properti yang berupa rumah merupakan investasi jangka panjang yang memiliki harga cukup tinggi.

investasi properti

Investasi properti, termasuk dalam jenis produk investasi yang kuat di dalam polemik pandemi. Selain itu, jenis investasi satu ini juga memiliki cara yang mudah untuk didapatkan. Dimana proses pembelian properti dapat dilakukan melalui pengajuan KPR atau Kredit Pemilikan Rumah. Bahkan pemerintah juga memberikan subsidi, sehingga harga rumah dengan sistem KPR menjadi lebih terjangkau.

Itulah 4 jenis produk investasi yang cocok dan tepat untuk dimiliki di masa pandemi. Ketika ingin memilih instrumen investasi yang tepat, maka pastikan sesuai dengan kemampuan dan profil risiko. Jangan sampai Anda memilih investasi yang salah, hingga nantinya malah menjadi rugi. Semoga dengan adanya ulasan ini, Anda bisa memilih instrumen investasi yang tepat agar nantinya tidak merugi.