Bali Akan Buka Wisata Bagi Pelancong Asing

PPKM atau Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat saat ini sudah mulai dilonggarkan oleh pemerintah. Tentu saja adanya perubahan ini memberikan angin segar bagi dunia pariwisata. Terutama untuk Pulau Bali yang telah direncanakan pemerintah akan dibuka untuk turis asing pada tanggal 14 Oktober 2021 nanti. 

Kabar ini pun disambut baik oleh masyarakat Bali yang memang rata-rata penghasilannya diperoleh dari sektor wisata. Pemerintah telah berencana membuka Bandara Internasional Ngurah Rai pertengahan bulan Oktober 2021 ini. Meski begitu, bagi para turis asing yang ingin berlibur di Bali harus mematuhi peraturan baru yang ditetapkan. 

Syarat Masuk Ke Bali Per 14 Oktober 2021 untuk Turis Asing 

Dengan dibuka kembali tempat wisata di Bali, pemerintah pun berharap bisa menghidupkan kembali wisata yang sempat terhenti karena adanya pandemi. Meski sudah dibuka, pemerintah tetap menetapkan peraturan untuk dapat mencegah penyebaran virus corona termasuk varian barunya. Bagi turis asing yang akan datang ke Bali, berikut ini adalah syaratnya: 

  1. Menunjukan bukti sudah divaksin dosis lengkap. 
  2. Membawa PCR dengan hasil negatif dalam kurun waktu 3×24 jam. 
  3. Mengisi HAC atau Health Alert Card. 
  4. Telah memesan hotel yang diperuntukan karantina selama 8 hari. 
  5. Dokumen keimigrasian pun sudah disiapkan dengan lengkap. 
  6. Mengisi E-CD atau Electronic Custom Declaration.
  7. Mengisi elektronik PCR atau e-PCR. 

Selain melengkapi syarat tersebut, para pelancong asing juga harus melewati Thermo Scanner yang bertujuan untuk memeriksa suhu tubuh. Bila turis asing yang datang ternyata suhu tubuhnya 38 derajat Celcius, maka akan diarahkan untuk ke ruangan pemeriksaan. Jika hasil dinyatakan sehat, maka turis bisa melanjutkan ke hotel karantina. Tapi, jika dinyatakan tidak sehat, maka petugas akan mengarahkan turis untuk dibawa ke rumah sakit. 

Bagi turis asing yang tidak mematuhi syarat yang diperlukan, maka Pemerintah Daerah Bali tidak segan-segan untuk memulangkan kembali ke negara asal. Tidak hanya itu saja, biaya karantina di hotel yang telah disediakan pun biayanya ditanggung sendiri oleh turis. Meski Angkasa Pura telah menyatakan sudah siap, tapi tetap membutuhkan evaluasi untuk memaksimalkan pencegahan penyebaran virus Covid-19. 

Tempat Wisata di Bali yang Sudah Buka 

Jika seluruh persyaratan sudah terpenuhi dan sudah melewati masa karantina, turis asing bisa mengunjungi beberapa lokasi wisata yang memang sudah dibuka untuk umum. Berikut ini adalah lokasinya: 

  1. Pantai Sanur 

Lokasi pertama yang bisa dikunjungi adalah Pantai Sanur. Pantai yang satu ini memang sudah terkenal hingga mancanegara selain Pantai Kuta. Di Pantai Sanur, turis bisa menikmati pemandangan indah terutama pada saat matahari tenggelam. Pantai Sanur mempunyai warna pasir putih kecoklatan dan lokasinya sangat dekat dengan Bandara Ngurah Rai. 

Tidak hanya terkenal akan pemandangan yang indah, di sekitar Pantai Sanur para turis asing juga akan dimanjakan dengan kuliner lezat. Menikmati santapan khas Bali sembari memandang pantai dan lautan lepas, sudah pasti akan memberikan kesan tersendiri untuk turis asing yang datang. 

  1. Tanah Lot 

Lokasi wisata yang satu ini juga sudah dibuka untuk umum, termasuk untuk wisatawan asing yang akan datang nanti. Tanah Lot sendiri adalah lokasi yang sangat terkenal akan keunikan dan keindahan pemandangan yang disajikan. Di tempat wisata ini, terdapat dua bongkahan batu besar yang di atasnya terdapat sebuah Pura. 

Siapapun dapat mengunjungi Pura tersebut bila air laut tengah surut. Tidak hanya itu saja, selain pemandangan indah, turis asing pun akan dimanjakan dengan berbagai makanan lezat dari restoran yang ada di sekitar tempat wisata ini. Sunset di Tanah Lot juga sangatlah terkenal dan menjadi salah satu momen yang paling banyak dinantikan. 

  1. Pantai Kuta 

Tidak ada yang tidak kenal dengan Pantai Kuta, di mana pantai ini sudah buka semenjak bulan September lalu. Pantai Kuta pun sudah siap menerima para wisatawan asing yang akan datang ke Bali pada Oktober ini. Tentu saja banyak sekali daya tarik yang bisa dinikmati turis ketika berkunjung ke Pantai Kuta. 

Dimulai dari pemandangan indah, terutama pada saat matahari terbenam, membeli souvenir khas Bali hingga mencicipi berbagai jenis kuliner yang dijual di warung makan atau restoran yang ada di sekitar pantai. 

Selain wisata yang sudah disebutkan, masih banyak lagi tempat wisata yang sudah dibuka dan siap untuk menerima turis mancanegara. Sebut saja Pura Uluwatu, tapi sayang turis tidak bisa melihat pertunjukan Tari Kecak. Bali Bird Park pun juga sudah dibuka, di mana turis akan menikmati berbagai pertunjukan burung serta mengenal berbagai macam unggas yang menjadi koleksi di tempat wisata ini. 

Dibukanya kembali Bali pada Oktober ini telah memberikan harapan untuk warga Bali agar dapat kembali beraktivitas seperti biasa dan juga bisa memulihkan kondisi perekonomian yang ambruk karena pandemi Covid-19.