tes cpns

Informasi dan Panduan Pendaftaran CPNS di SSCASN

Pendaftaran lowongan ASN atau  CPNS dibuka kembali pada tahun ini. Pendaftaran lowongan CPNS 2021 dijadwalkan akan dimulai pada April 2021. Teguh Widjinarko, Deputi Bidang SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara telah menyatakan bahwa waktu pembentukan formasi ditetapkan Maret 2021, dan proses pendaftaran pada bulan  April sampai Mei 2021. Dan dilanjutkan untuk tapa seleksi pada bulan Juni 2021.

Tahun ini, jumlah PNS yang direkrut atau direncanakan dan yang diterima mencapai 1,3 juta. Bagi yang sudah menunggu lowongan pendaftaran CPNS, maka mulai hari ini bisa mempersiapkan segala dokumen dan persyaratan lainnya.

Pendaftaran Akun SSCASN BKN

Bagi Anda yang berkeinginan mendaftar seleksi CPNS 2021, maka Anda wajib untuk mempersiapkan dokumen dan membuat akun di SSCASN BKN, dimana ini menjadi ketentuan wajib sekarang. Membuat akun adalah langkah pertama dan faktor penentu agar Anda dapat terus memilih ke tahap seleksi yang lebih lanjut. Beberapa orang mungkin masih belum mengetahui mengapa penting membuat akun CPNS di SSCASN BKN pada seleksi CPNS kali ini. 

Dalam akun ini, pendaftar akan memasukkan data pribadi sebelum Anda dapat memilih formasi CPNS yang Anda inginkan atau Anda pilih. Apabila semua langkah telah dilakukan, pendaftar baru dapat mencetak kartu peserta tes SKD yang harus dibawa ketika waktu ujian nantinya.

Jika pada laman SSCASN BKN tidak dibuat akun CPNS, maka pendaftar tidak dapat mencetak kartu ujian yang mengakibatkan tidak diperbolehkan mengikuti ujian SKD. Selain itu, Anda juga hanya dapat memilih formasi CPNS yang Anda inginkan melalui website. Melihat kegunaan website SSCASN BKN cukup signifikan, maka kali ini kita juga akan membahas bagaimana cara membuat akun di SSCASN BKN.

Ketentuan Pendaftaran SSCASN BKN

tes cpns

Pengumuman untuk pendaftaran CPNS 2021 belum dikeluarkan atau di umumkan secara resmi. Akan tetapi melihat pada informasi CPNS 2019 lalu, ada beberapa informasi yang dapat dijadikan pedoman untuk pendaftaran CPNS tahun ini. Apabila nanti ada perubahan pada ketentuan dan persyaratan untuk pendaftaran CPNS tahun ini, Anda sudah memiliki beberapa dokumen dan tidak perlu menyiapkan secara tergesa-gesa. Untuk syarat dan ketentuan pendaftaran akun SSCN dapat Anda simak berikut ini.

  • Pendaftar CPNS perlu membuat akun SSCN 
  • Menyiapkan Nomor Induk Kependudukan dan juga Nomor Kartu Keluarga, karena untuk mendaftar akun SSCN membutuhkan data tersebut.
  • Jika mengalami kendala atau masalah terkait data Kartu Tanda Penduduk (KTP) pada saat tahap pembuatan akun SSCN, pemohon dapat menghubungi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di tempat Anda.
  • Melihat ketentuan pada formasi yang ada pada pendaftaran CPNS 2021, seperti formasi umum, Formasi Disabilitas, Formasi Diaspora dan Formasi yang lainnya.
  • Para Pendaftar hanya dapat memilih satu Instansi dengan formasi dan jabatan yang sesuai dengan pendidikan masing masing.
  • Para Pendaftar wajib untuk membaca serta memahami persyaratan dan ketentuan, seperti tata cara pendaftaran, formasi dan beberapa hal lainnya yang dapat Anda temukan jawabannya di menu FAQ (Frequently Asked Questions).
  • Mengisi data pribadi, diantaranya nama lengkap, NIK (Nomor Induk Kependudukan), Email, tempat dan tanggal lahir.
  • Mengupload pas foto dengan background berwarna merah.
  • Selanjutnya Anda dapat Login menggunakan username dan password yang telah didaftarkan pada akun SSCN.
  • Mengupload swafoto atau foto selfie dengan memegang KTP (Kartu Tanda Penduduk)


Daftar Instansi

Banyak instansi terbuka untuk pendaftaran pada saat yang bersamaan pada tahun ini. Yang perlu diketahui, pendaftar wajib mencari informasi yang berkaitan tentang pendaftaran instansi pada pembukaan pendaftaran CPNS tahun 2021. 

Beberapa instansi menerapkan ketentuan dan persyaratan khusus. Oleh karena itu, para pendaftar harus memahami dengan seksama dan menyeluruh sebelum memutuskan untuk mendaftar atau memilih instansi nantinya. Formasi merupakan rencana rekrutmen pegawai masing-masing instansi. Informasi mengenai formasi tersebut menunjukkan posisi mana yang akan diisi dan berapa banyak calon yang akan diterima selama proses pendaftaran CPNS tahun 2021.

Selain itu, setelah Anda memiliki akun dan login ke SSCN, selanjutnya Anda perlu mengisi data diri dan memilih instansi. Simak cara mendaftar Instansi CPNS berikut ini :

  • Isi informasi pribadi, setelah berhasil login, maka Anda harus mengisi informasi data pribadi yang lebih detail, seperti kualifikasi akademik.
  • Kemudian ada pilihan nama instansi dan lokasi, dimana pendaftar bisa memilih sesuai dengan riwayat akademik atau pendidikan masing masing. Setelah itu pendaftar juga diminta untuk memilih lokasi ujian.
  • Upload file atau berkas yang diperlukan, dan setelah mengisi data, upload berkas yang diperlukan sesuai dengan ketentuan yang ada.
  • Selanjutnya, pendaftar bisa mengecek mengenai data diri dan berkas yang sudah Anda upload sebelumnya.
  • Yang terakhir, pendaftar bisa memverifikasi pendaftaran dan mencetak kartu pendaftaran.