kasus meninggalnya george floyd

Kasus George Floyd dan Beberapa Kasus Rasis di Dunia

rasikafm.co.id – Rasisme adalah salah satu hal yang diketahui telah terjadi di berbagai negara. Bahkan tidak sedikit perlakuan rasis tersebut yang menimbulkan jatuhnya korban jiwa. Seperti halnya terjadi beberapa waktu yang lalu berupa kasus George Floyd di Amerika Serikat. Tidak hanya disoroti oleh media, kasus ini juga memicu munculnya kemarahan publik di negara tersebut. Lalu apa yang disebut dengan istilah rasisme itu sendiri? Mari simak ulasannya berikut ini.

Sekilas Mengenai Rasisme yang Terjadi Sejak Dulu Kala

Jika dilihat secara umum, maka rasisme diibaratkan sebagai sebuah pandangan yang menganggap etnis tertentu lebih rendah daripada etnis atau ras yang lainnnya. Hal ini tentu saja juga berkaitan dengan martabat yang dimiliki oleh etnis bersangkutan. Keadaan rasis sendiri juga dapat menyebabkan terjadinya pembenaran dalam hal sosial dan politik yang terjadi. Ideologi yang berkaitan dengan ras tentu juga menjadi sebuah hal yang layak untuk disoroti.

kasus rasisme di dunia

Karena dari ideologi tersebut dapat memunculkan anggapan bahwa terdapat ras tertentu yang memiliki kualitas dan kemampuan yang lebih baik daripada yang lainnya. Pengkategorian yang dilakukan juga bisa saja dilakukan dengan sudut pandang biologis. Pengertian dari rasisme ini sendiri seringkali mengalami tumpang tindih dengan adanya kebencian. Kebencian yang dimaksud ialah terhadap orang asing dengan ras jenis tertentu.

Kasus Rasisme George Floyd di Amerika Serikat

Terkuaknya kasus rasisme terhadap George Floyd menjadi salah satu contoh dari sekian banyak kasus rasisme lain di dunia. Tidak hanya menyebabkan meninggalnya sang korban, kejadian tersebut juga menyebabkan banyaknya pengunjuk rasa di Amerika Serikat hingga saat ini. Tidak hanya dilakukan oleh masyarakat umum saja, demonstrasi tersebut juga melibatkan tokoh artis papan atas di negara yang maju itu.

kasus meninggalnya george floyd

Dari beragam media yang ada dapat diketahui mengenai pengaruh besar yang muncul setelah kasus George Floyd ini terjadi. Tidak sedikit pihak yang mulai membuka mata akan sikap rasis yang dilakukan oleh beberapa petugas kepolisian yang ada di dalam video terkait. Tidak hanya warga Amerika Serikat saja, kasus George Floyd ini sendiri telah disoroti oleh banyak orang di berbagai penjuru dunia yang lainnya.

Baca Juga : Ketegangan Amerika Serikat dan China Saat Ini

Kasus Rasisme Jesse Owens di Era Adolf Hitler

Dari kasus rasisme yang dialami oleh George Floyd, juga akan sedikit mengingatkan bagaimana rasisme sendiri telah terjadi bertahun tahun silam. Seperti misalnya kasus rasisme yang dialami oleh Jesse Owens di era Adolf Hitler puluhan tahun yang lalu. Jesse Owens sendiri diketahui merupakan seorang atlet di kala itu. Dari olimpiade yang dilakukannya, Jesse Owens telah berhasil menyabet juara di kejuaraan itu.

Namun dari kemenangan yang ia peroleh tidak lantas menghindarkan Jesse Owens dari perlakuan rasis. Karena masalah ras yang begitu kental di kala itu, Adolf Hitler bahkan tidak bersedia menjabat tangan sang atlet. Tentu hal ini menjadi perbincangan publik terkait dengan rasisme yang telah dilakukan oleh tokoh besar tersebut. Dari hal inilah yang juga menjelaskan bagaimana rasisme dapat terjadi dimana saja dan oleh siapa saja.

Kasus Rasisme di Ranah Sepakbola Dunia

Tidak hanya terjadi Jesse Owens dan George Floyd, kasus rasisme juga dapat terjadi pada para pemain sepakbola. Tidak sedikit para pemain tersebut yang mengalami perlakuan rasisme ini. Seperti misalnya tokoh pesepakbola yang bernama Raheem Sterling dan Danny Rose. Mereka berdua adalah para pemain di tim nasional Inggris. Kasus yang mereka alami terjadi pada saat keduanya masih bermain di tim U-21 Inggris.

rasisme di sepak bola

Tokoh di bidang olahrga sepakbola lain yang juga mengalami perlakukan rasis adalah Everton Luiz. Para penonton yang juga dinilai paling rasis di Eropa adalah dari Liga Serbia. Bahkan setelah pertandingan tersebut, Everton Luiz juga diketahui menitikkan air mata setelah adu mulut dengan para penonton yang telah bersikap rasis kepadanya. Hakan Calhanoglu pun juga mengalami hal serupa terkait rasisme di bidang olahraga yang satu ini.

Kasus Rasisme Mahasiswa Papua di Kota Surabaya

Dari banyaknya kasus rasisme yang terjadi di penjuru dunia, juga tidak boleh membuat masyarakat Indonesia menutup mata akan kasus rasisme yang pernah terjadi di tanah air. Kasus yang sempat ramai di kalangan publik ini sendiri adalah kasus yang menimpa mahasiswa dari Papua. Mereka adalah mahasiswa yang tinggal di Kota Surabaya untuk menuntut ilmu. Dari ulasan ini dapat diketahui akan banyaknya kasus rasisme yang terus terjadi.

Tidak sedikit kasus rasisme yang masih terjadi hingga kini. Tentu saja rasisme adalah sebuah pandangan yang tidak dapat dibenarkan jika ditinjau dari beragam aspek yang ada. Tentu sebagai seorang manusia juga harus berjuang untuk menghapus rasisme yang terjadi kepada sesama manusia ini. Karena kebencian dari rasisme tersebut juga dapat memudarkan sisi kemanusiaan yang dimiliki oleh seseorang  sehingga dapat menimbulkan jatuhnya korban jiwa.