swf

Mengenal Lebih Jauh Sovereign Wealth Fund Indonesia

Di akhir tahun 2020 lalu, Sovereign Wealth Fund (SWF) merupakan sebutan yang sering muncul pada berita-berita di dalam negeri ini. Karena, Indonesia diberitakan akan mempunyai lembaga yang satu ini dan akan dirilis pada awal tahun 2021, mengikuti negara lain yang ada di dunia yang sudah terlebih dahulu merilisnya sejak tahun lalu. 

Nah, untuk kamu yang belum paham tentang Sovereign Wealth Fund (SWF) ini, Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini. 

Definisi dari Sovereign Wealth Fund

Sovereign Wealth Fund (SWF) merupakan salah satu badan milik negara yang memiliki tugas untuk mengelola uang investasi. Adanya badan pengelolaan ini pastinya bertujuan agar bisa membantu memperbaiki kondisi perekonomian negara Indonesia serta warganya juga. 

Memang pada dasarnya Sovereign Wealth Fund terlihat seperti venture capital. Ada bermacam-macam sumber dana dari Sovereign Wealth Fund, namun untuk umumnya berasal dari cadangan surplus negara. Selain itu, Sovereign Wealth Fund juga mengelola atau mengatur cadangan devisa dari bank sentral, surplus anggaran, dana dari akumulasi surplus perdagangan, dana hasil privatisasi dan juga pemasukan negara yang berasal dari ekspor serta bidang lainnya. 

Sovereign Wealth Fund ini ternyata memang dimiliki oleh banyak negara, namun tidak seluruh negara juga memilikinya. Dan faktanya negara dapat mempunyai lebih dari satu Sovereign Wealth Fund. 

Dikutip dari Sovereign Wealth Fund Institute, ada 5 Sovereign Wealth Fund dengan dana yang paling banyak di kelola di dunia yaitu: 

  1. Kuwait Investment Authority: 533 miliar dolar AS
  2. Hong Kong Monetary Authority Investment Portfolio: 576 miliar dolar AS
  3. Abu Dhabi Investment Authority: 579 miliar dolar AS
  4. China Investment Corporation: 1,045 triliun dolar AS
  5. Norway Government Pension Fund Global: 1,1 triliun dolar AS

Jenis-Jenis dari Sovereign Wealth Fund

Terdapat empat tipe Sovereign Wealth Fund (SWF), yaitu pension reserve fund, reserve investment fund, future generation fund, dan stabilization fund. 

1. Stabilization fund 

Stabilization fund atau biasa dikenal dengan rainy day fund. Jenis SWF yang sengaja dibentuk oleh pemerintah untuk membantu melindungi negara dari segala gejolak ekonomi yang bisa menimbulkan dampak perubahan secara drastis kepada perkembangan keuangan yang ada di dalam negara. 

Misalnya seperti pada keadaan-keadaan ini merupakan krisis ekonomi, adanya peningkatan angka pengangguran, kenaikan minyak, bahan bakar, dan sumber daya yang penting lainnya serta yang lainnya. 

Untuk negara yang mempunyai Sovereign Wealth Fund jenis tersebut yaitu Rusia. Karena Rusia menjadi salah satu negara eksportir minyak dan BBM yang terbesar di dunia. 

2. Future generation fund 

Future generation fund merupakan salah satu jenis SWF yang memiliki tujuan untuk mengelola simpanan uang intergenerasi. Sudah ada banyak negara di dunia yang menggunakan SWF jenis ini untuk mengatur uang untuk populasi lansia yang ada di negaranya. 

3. Reserve investment fund 

Reserve investment fund merupakan jenis SWF yang dibuat secara khusus dan bertujuan untuk mengelola atau mengatur dana investasi. Tujuan dari dana tersebut yaitu untuk diinvestasikan, jadi akan mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi lagi. 

4. Pension reserve fund 

Sama dengan namanya, jenis SWF yang satu ini yaitu digunakan untuk mengelola dan pensiun di dalam suatu negara. Dengan mempunyai SWF jenis ini, pemerintah di negara tidak perlu lagi untuk khawatir akan kekurangan uang untuk pensiun nanti. 

Sovereign wealth fund ini sudah paling banyak ditemukan pada negara yang mempunyai populasi lansia yang lebih banyak dibandingkan dengan generasi mudanya. 

Sovereign Wealth Fund Indonesia 

Ternyata negara kita juga akan segera memiliki Sovereign Wealth Fund yang akan diberi nama Indonesia Investment Authority (INA). Adanya hal tersebut karena turunan dari UU Omnibus Law Ciptaker serta Keputusan Presiden (Keppres) yang baru saja disahkan oleh pemerintah. Dan untuk Sovereign Wealth Fund yang telah direncanakan untuk Indonesia yaitu untuk mengelola investasi. 

Hal tersebut telah disampaikan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo pada bulan Desember di tahun 2020 lalu, pada acara Outlook Perekonomian Indonesia 2021. Dengan hadirnya Sovereign Wealth Fund atau biasa disebut dengan dana abadi ini, diharapkan Indonesia tidak lagi harus mengkhawatirkan mengenai biaya pembangunan negara. 

Tentunya kita tidak cuma mempunyai sumber pembiayaan yang berbasis pinjaman saja, melainkan juga ada yang berupa saham. 

Tentunya dengan ada nya Sovereign Wealth Fund Indonesia ini bisa membantu Indonesia untuk lebih jauh berkembang lagi dalam bidang investasi seperti negara lainnya yang ada di seluruh dunia. Sehingga pemerintah tidak khawatir lagi mengenai perekonomian negara. 

Nah, itulah pembahasan mengenai Sovereign Wealth Fund Indonesia yang harus kamu ketahui. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan kamu dan pembaca lainnya agar bisa mengetahui lebih jauh mengenai Sovereign Wealth Fund Indonesia ini.