Persis Solo dan Rans FC Lolos ke Liga 1 BRI

Terdapat tiga Tim yang nantinya akan menjalankan promosi ke Liga 1 BRI tahun 2022 dan ketiga tim ini sudah bisa dipastikan seiring berakhirnya kompetisi dari Liga 2 tahun 2021. Ketiga tim yang sudah terpilih untuk melakukan promosi ke liga utama di Indonesia musim berikutnya yaitu Persis Solo, Rans Fc serta Dewa United.

Pada kompetisinya Persis Solo berhasil tampil sebagai juara dengan mengalahkan tim Rans Cilegon FC pada partai final. Akan tetapi meskipun kalah, Rans Cilegon FC juga mendapatkan untuk bisa promosi ke liga 1. Sementara untuk jatah terakhir agar bisa promosi ke liga 1, terjadi perebutan tempat ketiga antara PSIM Jogja melawan Dewa United dimana Dewa United berhasil menang dengan skor 1-0 dan memastikan lolos ke Liga 1 musim depan.

Ketiga tim yang berhasil mendapatkan jatah untuk promosi ke Liga 1 ini seluruhnya adalah tim dari pulau Jawa.  Ketiga tim ini tentunya akan mengganti posisi dari ketiga tim terbawah yang sudah terdegradasi dari klasemen akhir Liga 1.

Akan tetapi, 3 tim terbawah dari liga 1 belum bisa dipastikan sebab liga tersebut masih menjalani kompetisi dan siapa yang akan berada dibawah belum dapat ditebak atau dipastikan. Nah, bagi Anda yang belum mengenal tim Persis Solo dan Rans FC secara rinci, dibawah ini akan dibahas mengenai profil singkat dari kedua tim terkuat dari liga 2 tersebut yang akan mengarungi kompetisi di kasta tertinggi liga Indonesia tahun 2022.

1.       Persis Solo

Persis merupakan tim sepakbola yang asalnya dari Kota Solo atau Kota Surakarta. Untuk tanggal kelahirannya tim tersebut berdiri tahun 1923, dan diambil sesuai peresmian dari VVB oleh pemerintah di era kolonial Belanda, dan bahkan VVB sendiri adalah salah satu kelompok yang membentuk organisasi PSSI.

Klub sepakbola tersebut mulanya memakai nama Vorstenlandsche Voetbal Bond (VVB), dan didirikan oleh orang bernama R. Ng. Reksodiprojo, Sutarman, dan Sastrosaksono. Klub Persis Solo memiliki markasnya di Stadion Manahan Solo, Stadion yang mempunyai kapasitas sebanyak 20 ribu penonton.

Tim yang berjuluk Laskar Sambernyawa tersebut mempunyai suporter atraktif dan fanatik yang biasa disebut Surakartans dan Pasoepati. Persis sendiri mempunyai catatan yang baik pada masa dan menjadi klub besar di Indonesia untuk tahun 1930 an hingga 1940 an.

Di tahun 1994, tim Persis Solo berhasil menjadi pemenang liga untuk Divisi II serta terakhir di musim 2006/2007 tim Persis Solo keluar sebagai runner Divisi I. Namun, di tahun 2021 dengan pemilik barunya Persis Solo menjelma sebagai salah satu tim yang tidak bisa dipandang remeh, dimana mereka baru saja menjuarai Liga 2 dan berhak mendapatkan jatah promosi ke Liga 1 di musim depan.

Profile Persis Solo :

  •         Nama : Persatuan Sepakbola Indonesia Solo ( Persis Solo )
  •         Berdiri sejak 8 November 1923
  •         Manajer : Jacksen F. Tiago
  •         Pelatih : Eko Purjianto
  •         Suporter : Surakartans dan Pasoepati
  •         Julukan : Laskar Sambernyawa, Alap-Alap Jawa
  •         Bermarkas di Stadion Manahan dengan kapasitas 20 ribu penonton
  •         Pemilik Klub : Kaesang Pangarep, Erick Thohir, dan Kevin Nugroho WB

2.       Rans Cilegon FC

Rans Cilegon FC atau lebih sering dikenal dengan sebutan RANS FC ini merupakan tim sepakbola Indonesia yang asal kotanya dari Cilegon, Banten serta bermarkas di Cilegon. Sekarang ini RANS FC menjadi salah satu tim yang mendapatkan jatah promosi ke Liga 1 2022 berkat menjadi runner up kompetisi liga 2 tahun 2021.

Klub yang dulunya bernama Cilegon United FC ini diakuisisi oleh pihak Rans Entertainment serta Prestige Motorcars dan akhirnya berganti nama menjadi Rans FC.

RANS sendiri merupakan perusahaan yang dimiliki oleh pasangan selebritis terkenal yaitu Raffi dan Nagita, sementara Prestige merupakan pengedar supercar yang berasal dari Jakarta Utara.

Pergantian bukan hanya di nama klub-nya saja namun, kandang atau markas dari RANS FC juga akan dipindahkan dari yang tadinya di Stadion Krakatau Steel Cilegon ke Jakarta. Dimana RANS FC ini nantinya akan bermarkas di Stadion PTIK, Jakarta. Hadirnya klub milik Raffi Ahmad ini seakan menambah keseruan dan daya tarik masyarakat akan sepakbola di Indonesia.

Profile RANS FC :

  •         Nama lengkap Klub : Raffi Ahmad Nagita Slavina Cilegon Football Club
  •         Nama singkat: RANS, RANS FC
  •         Manajer : Hamka Hamzah
  •         Pemilik Klub : Raffi Ahmad dan Rudy Salim
  •         Suporter Klub : RANS Angel RANS KOTA KUDA
  •         Julukan Klub : Foniks Bergengsi, dalam bahasa Inggris “The Prestige Phoenix”
  •         Stadion bermarkas di Stadion Krakatau Steel, Cilegon, Banten Berkapasitas  15 ribu penonton
  •         Berdiri Tahun 2012 bernama Cilegon United FC, dan  1 April 2021 berubah menjadi RANS Cilegon FC