distributor pipa hdpe - atsugasolusindo

Spesifikasi, Ukuran dan Harga Pipa HDPE untuk Diketahui

 

Berbicara tentang pipa, jenis HDPE kerap menjadi pilihan bagi sebagian besar orang. Pipa HDPE ini banyak dipilih sebab memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan jenis pipa lainnya. Namun karena kualitas yang baik inilah, justru banyak sekali ditemukan pipa HDPE palsu. Untuk penting untuk kita mengetahui spesifikasi, ukuran, dan harga pipa HDPE agar tidak tertipu dengan barang yang palsu.

HDPE sendiri merupakan singkatan dari High Density Polyethylene yang merupakan jenis polietilena dengan densitas yang tinggi. Seperti dengan namanya, pipa ini menggunakan bahan high density polyethylene yang tingkat kepadatannya tinggi sehingga lebih tahan lama, tidak mudah rusak, dan lentur. Jika Anda memiliki masalah pada pemasangan pipa karena tempat pemasangan yang terjal yang mengakibatkan pipa rusak atau pipa berkarat termakan usia, mengganti pipa Anda dengan pipa jenis HDPE bisa jadi pilihan yang tepat.

Pipa HDPE merupakan pipa thermo plastik yang tinggi fleksibilitasnya. Pipa ini mampu dipasang di kondisi apapun, termasuk di area bebatuan tanpa membuat pipa rusak. Pipa HDPE tahan dipasang di lokasi yang mencapai suhu hingga 60 derajat Celsius. Ditambah lagi dengan bahan plastiknya membuat pipa ini tidak berkarat sehingga lebih aman digunakan saluran air minum. Dengan menggunakan pipa HDPE, usia penggunaan pipa bisa lebih tahan lama.

Baca juga : Manfaat dari Tahapan Belajar Terjemahan Bahasa Jepang

Berdasarkan keunggulan pipa HDPE tersebut, pipa yang juga memiliki nama lain PE-100 ini digolongkan sebagai pipa yang berstandar food grade. Dalam artian pipa ini aman digunakan untuk peralatan atau saluran air untuk masak dan minum.

stanndar ukuran pipa hdpe

Pipa HDPE ini memiliki spesifikasi dan sifat fisika seperti terlihat pada gambar diatas. Untuk jenis penggunaannya pipa ini ada tiga macam yaitu pipa pelindung kabel yang ukurannya bervariasi dari 1/2, 3/4, hingga 5/8. Kemudian saluran air bersih yaitu variasi ukurannya 1/2, hingga 24 inch diameternya. Dan juga pipa saluran gas bertekanan. UntukĀ  pipa saluran gas bertekanan ini menggunakan pipa HDPE yang sudah ditambah materialnya yaitu MDPE. Berbeda dengan jenis pipa lainnya, pipa untuk saluran gas ini memiliki warna kuning yang cerah.

Memilih Pipa HDPE yang Asli

Memiliki kualitas yang tinggi, harga pipa HDPE dibanderol dengan harga yang lebih mahal dari harga pipa biasanya. Namun hal tersebut justru dijadikan peluang oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Untuk mengantisipasi terjadinya penipuan, kenali petunjuk pipa HDPE asli dengan yang palsu.

Hal paling mencolok yang bisa dikenali secara langsung yaitu dari beratnya. Pipa HDPE SNI yang asli cenderung ringan. Karena beban yang ringan tersebut, pipa jenis ini mudah dipasang. Berbeda jika Anda membeli pipa HDPE yang palsu. Anda akan merasakan pipa HDPE yang palsu lebih berat sehingga tidak dapat merasakan keuntungan dari pipa HDPE. Tanda pipa HDPE yang asli dapat juga dilihat pada ketahanan serta kelenturannya.

Tulisan ini dipersembahkan atas kerjasama antara atsugasolusindo.com dengan rasikafm.co.id