tips terhindar dari debt collector

Tips Terhindar dari Teror Debt Collector Pinjaman Online

rasikafm.co.id – Siapa yang tidak tertarik melakukan dan mengajukan pinjaman online?mungkin dari Anda sangat terbantu dengan adanya kegiatan tersebut. Menariknya kredit tanpa agunan memberikan pinjaman dana secara cepat dan praktis. Hal inilah membuat banyak orang berbondong-bondong mengajukan pinjaman untuk berbagai kebutuhan. 

Tetapi maraknya pinjaman online, membuat terdengar beberapa isu mengenai penagihan online yang ramai dibicarakan orang banyak. Lantas, bagaimana pihak penyedia atau fintech untuk pinjaman online tersebut dalam menagih utang?bagaimana agar tidak diteror oleh penagih utang atau debt kolektor?simak ulasan lengkapnya. 

Cara Untuk Tidak Diteror 

Rasanya melakukan pinjaman kredit tanpa agunan atau KTA memberikan banyak keuntungan, karena proses yang cepat dan tidak ribet banyak digunakan oleh lapisan masyarakat. Hal inilah membuat KTA menjadi pilihan banyak orang. Lantas, bagaimana agar tidak diteror oleh pihak pemberi pinjaman?Berikut ini beberapa solusinya, yaitu :

1. Periksa Legalitas Fintech 

Besarnya kebutuhan di masyarakat banyak beberapa fintech hadir dan menawarkan pinjaman dengan nominal tertentu dan pengajuan yang mudah. Tetapi hal tersebut terkadang menjadi malapetaka oleh pihak nasabah, apabila tidak mengecek dan memahaminya dengan jelas. Baik dari regulasi dan legalitas yang ada dari fintech tersebut. 

Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan pinjaman online atau kredit tanpa agunan, Anda harus memahami dan mengecek terlebih dahulu mengenai legalitas fintech tersebut. Karena hal ini selain membuat Anda terhindar dari suku bunga besar, tentunya lebih aman dari teror yang meresahkan. Caranya Anda dapat langsung mengunjungi situs ojk.go.id. 

2. Melakukan Perlawanan 

Terkadang banyak kasus yang terjadi pihak fintech menagih dari beberapa nomor yang didaftarkan oleh peminjam sebelumnya. Hal ini untuk alternatif dari fintech jika peminjam terlambat membayar hutangnya dan tidak dapat dihubungi. Salah satu caranya dengan menelpon beberapa nomor yang ada dalam kontak handphone terdaftar. 

tips terhindar dari debt collector

Hal tersebut menimbulkan beberapa keresahan dan membuat banyak orang khawatir mengenai beberapa pernyataan yang dikeluarkan oleh fintech tersebut. Apabila Anda tidak merasa meminjam, Anda dapat melawannya dengan jelas. Jika hal tersebut terus berlanjut, langsung saja mengadukan pada pihak berwajib. 

Baca Juga : 6 Pasangan Calon Pilkada Serentak 2020 dari Keluarga Pejabat Pemerintah Pusat

3. Membuat Laporan Pengaduan 

Di Indonesia sendiri banyak kasus kekerasan yang terjadi akibat tindakan dari para debt collector, sehingga hal tersebut sering meresahkan masyarakat. Hal ini bukan tanpa alasan, terkadang banyak dari peminjam tidak tahu diri dan malas untuk membayar hutangnya. Namun untuk sebagian orang hal tersebut membuat tidak nyaman dan sangat mengganggu. 

Solusinya adalah Anda dapat mengadukan tindakan tersebut ke pihak Bank Indonesia untuk perlindungan konsumen terkait jasa pembayaran. Selanjutnya Anda dapat langsung mengadukan kekerasan tersebut ke pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau langsung saja ke pihak kepolisian untuk pelaporan agar segera ditindak lanjuti. 

4. Bijak Dalam Meminjam 

Maksudnya ketika Anda melakukan pinjaman dan harus memilih pinjaman online yang tanpa agunan, Anda harus bijak dalam menggunakan dan memperhitungkan nominalnya. Karena hal tersebut untuk menghindari Anda dari pasca meminjam uang tersebut. Sebab Anda harus memikirkan biaya untuk mengembalikan pinjaman agar tidak terlambat. 

Apabila Anda ceroboh dalam pemanfaatan dan penggunaannya membuat Anda harus lebih berhati-hati dan tidak melakukan hal tersebut. Karena bisa jadi lembaga atau perusahaan tempat Anda melakukan pinjaman tidak sesuai dengan harapan. Bahkan berakhir pada teror yang dilakukan oleh pihak perusahaan melalui debt collector. 

5. Pilih Fintech Bunga Rendah 

Bunga yang rendah membuat tunggakan hutang tidak terlalu besar dan Anda dapat memperhitungkannya dengan jelas. Hal ini perlu diperhatikan bahwa suku bunga yang kecil dapat memberikan Anda keuntungan kedepannya. Sebelum melakukan pinjaman, lebih baik Anda melakukan berbagai survey terlebih dahulu. 

Proses Melakukan Penagihan 

Dalam etikanya untuk proses penagihan itu tidak boleh adanya kekerasan fisik dan mental, apalagi dengan melakukan pelecehan. Karena hal tersebut sudah melanggar ketentuan dari Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK), melalui No.1/POJK.07/2013. Menyatakan bahwa harus ada kejelasan biaya, disesuaikan dengan kebutuhan, dan tidak boleh ada kekerasan. 

Apabila Anda menemukan penagihan yang masih mengutamakan kekerasan dan terus mengganggu ketentraman, Anda dapat langsung melaporkan lewat UU ITE dan peraturan Menkominfo No.20/2016 mengenai perlindungan data pribadi dalam sistem elektronik. Aturan-aturan ini bukan berarti Anda harus lepas tanggung jawab, hutang harus dibayarkan. 

Nah itulah beberapa hal supaya Anda terhindar dari berbagai teror yang diberikan oleh pihak pinjaman keuangan. Dengan memperhatikan berbagai tips dan aturannya, seharusnya Anda tidak lagi menemukan kekerasan dalam hal tersebut. Terpenting harus dilakukan adalah pilih perusahaannya, perhitungan bunga, dan pastikan mampu untuk melunasinya. 

Anda harus bijak dalam melakukan pinjaman, agar tidak sembarangan. Tetapi Anda harus memahami dan menghitung berbagai kebutuhannya. Agar terhindar dari tunggakan dan kerugian

Sekian pembahasan lengkapnya, semoga beberapa penjelasan dan penyampaian diatas dapat bermanfaat dan berguna untuk Anda kedepannya.