vaksin

Cara Mendapatkan Vaksin Pfizer dan Moderna di Jakarta

Pemerintah Indonesia selalu menjalankan berbagai upaya untuk menangani pandemic Covid-19 yang sudah berlangsung hampir 2 tahun, salah satunya adalah dengan mempercepat vaksinasi demi tercapainya herd imunity.

Hingga saat ini, Pemerintah Indonesia mempunyai beberapa pilihan vaksin yang sudah ada, diantaranya adalah Pfizer dan Moderna. Walaupun jenis vaksin ini masih belom merata, tapi untuk wilayah Jakarta sudah bisa didapatkan di beberapa lokasi. Lalu bagaimana cara mendapatkan vaksin Pfizier dan Moderna di Jakarta? Simak terus ulasannya dalam artikel ini, ya. 

Mengenal Perbedaan Vaksin Pfizier dan Moderna 

Sebelum mengetahui cara mendapatkan kedua jenis vaksin ini, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu perbedaannya. Berikut ini adalah perbedaan antara vaksn Pfizier dan Moderna: 

  • Efikasi  

Perbedaan pertama dapat dilihat dari efikasi kedua vaksin ini. untuk Pfizier mempunyai efikasi sebesar 95% hingg 100%, sedangkan Moderna mempunyai efikasi sebesar 86,4% hingga 94,1%. Perlu Anda ingat bahw efikasi bukanlah efektifitas dari sebuah vaksin. 

Efikasi adalah tingkatan seberapa baik sebuah vaksin untuk mencegah timbulnya penyakit. Jadi bila seorang yang sudah mendapatkan vaksinasi dari jenis Pfizier atau Moderna, maka ada kemungkinan mendapatkan gejala hingga 95% lebih rendah dari pada yang belum divaksin.

  • Interval pemberian dosis 

Seperti yang sudah diumumkan sebelumnya bahwa vaksinasi untuk Covid-19 ini minimal diberikan dua kali dalam interval yang berbeda. Pemberian dua dosis vaksin ini bertujuan agar tubuh bisa mendapatkan perlindungan penuh. Untuk invterval pemberian dosis satu ke dosis dua dari vaksin Pfizier adalah 2 hingga 3 minggu. Sedangkan Moderna jarak pemberian dari dosis satu ke dosis dua adalah 3 minggu. 

Kedua poin di atas adalah perbedaan utama dari vaksin Pfizier dan Moderna. Vaksin Moderna dan Pfizier ini sangat aman diberikan kepada ibu hamil. Untuk Pfizier juga bisa diberikan kepada anak umur 12 tahun ke atas. 

Sedangkan Moderna juga sangat aman diberikan kepada penderita penyakit paru kronis dan diabetes. Tingkat keampuhan melawan varian delta pun sangatlah tinggi, di mana Pfiziet bisa melawan varian delta hingga 96% dan Moderna akan melawan varian delta selama 6 bulan setelah dosis kedua. 

Cara Mendapatkan Vaksin Pfizier dan Moderna di Jakarta 

Bagi Anda yang berdomisili di Jakarta bisa mendapatkan jenis vaksin Pfizier dan Moderna di beberapa lokasi dengan memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Perlu diingat bahwa tidak disarankan mendapatkan dua dosis vaksin yang berbeda. Berikut ini adalah syarat untuk bisa mendapatkan salah satu dari dua jenis vaksin tersebut: 

  1. Berusia di atas 12 tahun untuk Pfizier dan 18 tahun ke atas untuk Moderna 
  2. Belum pernah mendapatkan vaksin baik dosis satu dan dosis dua. 
  3. Membawa KTP domisili DKI Jakarta atau Surat Keterangan domisili DKI Jakarta. 
  4. Bagi yang mempunyai penyakit komorbid atau autoimun diharapkan membawa surat rekomendasi dari dokter penyakit terkait bahwa sudah diijinkan untuk menerima vaksinasi
  5. Tidak berlaku bagi Anda yang ingin mendapatkan vaksin booster atau vaksin ketiga. 

Apabila Anda sudah memenuhi syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan, Anda dapat mengunjungi fasilitas kesehatan seperti puskesmas dan rumah sakit yang menyediakan kedua jenis vaksin ini. Selama Anda memenuhi prosedur vaksinasi yang diperlukan, maka Anda tetap bisa menjalani vaksinasi. 

Cara Mengatasi Efek Samping Vaksin 

Setelah mendapatkan vaksin baik itu Pfizier atau Moderna, biasanya akan muncul efek samping baik ringan dan berat. Untuk mengatasi hal ini pun ada cara pencegahan yang bisa Anda lakukan sebelumnya. Berikut ini adalah caranya: 

  • Istirahat cukup 

Istirahat yang cukup sebelum dan sesudah vaksin sangatlah disarankan. Dengan beristirahat maka akan mengurangi gejala setelah divaksin. Pastikan bahwa Anda tidak memaksakan diri untuk berkerja. 

  • Minum air putih yang cukup 

Untuk bisa meminimalkan efek samping setelah vaksin, maka ada baiknya untuk minum air putih yang cukup. Karena air putih dapat membantu meningkatkan imunitas sehingga setelah vaksin tetap selalu sehat. 

  • Konsultasi ke dokter 

Jika Anda sedang hamil atau mempunyai penyakit komorbid seperti diabetes, jantung, kanker dan lain sebagainya, lebih baik berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Hal ini untuk mencegah terjadinya efek samping hebat. 

  • Tetap berolahraga 

Anda pun juga disarankan untuk tetap berolahraga secara rutin. Hanya saja jangan memilih olahraga yang terlalu berat setelah vaksin. Dengan berolahraga akan membantu Anda untuk memiliki metabolisme yang semakin baik dan imun akan meningkat. 

Vaksin Pfizier dan Moderna memang mempunyai perbedaan, tapi bukan berarti perbedaan ini membuat Anda menjadi pilih-pilih vaksin. Jenis vaksin apapun akan meningkatkan herd imunity agar pandemic ini cepat berakhir dan kehidupan pun kembali normal kembali seperti biasa. Jadi, segeralah vaksin jika Anda memang sudah siap.