covid19

Corona di Indonesia Masuk Level 1, Apa Artinya?

Beberapa waktu lalu, Indonesia dinyatakan Level 1 untuk penyebaran virus corona. Kabar ini adalah salah satu berita baik yang harus diketahui masyarakat. Lalu, apa sebenarnya level 1 ini? Dan siapa yang menentukan? Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini. 

Arti Indonesia Level 1 Corona 

Penentuan level 1 penyebaran virus corona ini adalah dari CDC atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Amerika Serikat. Mereka telah menyatakan bahwa Indonesia sudah masuk dalam level 1 dan sudah bisa dikunjungi untuk menjadi destinasi wisata. Setelah beberapa waktu lalu masih berada di level 2 hingga 4. 

Lalu sebenarnya apa arti dari level 1 ini? Jika dirunut dari halaman resmi dari CDC, pelevelan dari setiap negara ini bertujuan untuk memberikan peringatan kepada masyarakat yang ingin mengunjungi beberapa negara. Hal ini sendiri dilakukan agar masyarakat bisa lebih waspada terhadap penyebaran virus corona dan berhati-hati serta melindungi diri agar tidak tertular. 

Sehingga ketika sebuah negara sudah berada di status Level 1, warga negara AS bisa mengunjunginya. Tapi dengan catatan bahwa warga yang akan berkunjung harus sudah menjalani vaksinasi lengkap. Tidak lupa untuk selalu menggunakan masker dan selalu menjaga jarak satu sama lain minimal 6 kaki atau 1,5 meter. 

Lalu, untuk level 2 menunjukan bahwa penularan atau penyebaran covid-19 berada di tingkatan sedang. Sehingga ketika warga yang ingin datang ke negara dengan status Level 2 lebih baik tidak berkunjung jika memang tidak memiliki tujuan yang penting. 

Kemudian, untuk Level 3 berarti penyebaran virus masih terbilang tinggi. Jika memang ingin berkunjung ke negara yang masih berstatus level ini, lebih baik memproteksi diri dengan vaksinasi lengkap. Selain itu, jika memang tidak ada urusan penting lebih baik tidak berkunjung di negara tersebut. 

Sedangkan untuk negara dengan status Level 4 menandakan bahwa penyebaran virus corona masih sangatlah tinggi dan lebih baik tidak berkunjung. Baik itu untuk wisata atau urusan yang penting. Jika sudah divaksin pun tetap harus waspada karena penyebaran masih sangat tinggi. 

Sehingga bagi Anda pun yang ingin mengunjungi negara tertentu lebih baik melihat status level yang ditetapkan. Karena biasanya ini akan berpengaruh terhadap regulasi dan juga aturan lain yang telah ada. Hal ini sendiri untuk memberikan perlindungan lebih agar perjalanan tetap dalam keadaan aman. 

Indikator yang Digunakan CDC Dalam Penentuan Level 

CDC sendiri mempunyai indikator yang akan membantu menentukan status level penyebaran corona dalam satu negara. Untuk indikatornya sendiri dilihat dari jumlah infeksi terbaru dalam kurun waktu 28 hari dan dibandingkan dengan jumlah penduduknya. Untuk negara yang memiliki jumlah penduduk kurang dari 100 ribu adalah sebagai berikut: 

  • Level 1: jumlah kasus tidak sampai 50 kasus. 
  • Level 2:  jumlah kasus berjumlah dari 50 hingga 99. 
  • Level 3: jumlah kasus berjumlah 100 hingga 500. 
  • Level 4: terdapat kasus lebih dari 500. 

Tentu saja penentuan level ini bisa naik, turun ataupun stabil. Di mana perubahan level ini sendiri tidak lepas dari kondisi negara itu sendiri. Semisalnya adalah dari jumlah masyarakat yang sudah divaksin, kepatuhan terhadap protokol kesehatan dan lain sebagainya. Jadi, mau level berapapun harus tetap waspada. 

Tips Bepergian Di Kondisi Covid-19 

Dengan adanya perubahan level untuk Indonesia, maka pergerakan masyarakat juga akan meningkat. Bagi Anda yang ingin bepergian, sebaiknya memperhatikan beberapa tips di bawah ini: 

1. Menjaga kondisi tubuh 

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan ketika ingin bepergian di tengah kondisi Level 1, sebaiknya tidak meremehkan kondisi tubuh. Karena walau sudah Level 1, masih ada penyebaran virus Covid-19. Jadi, ketika Anda harus pergi ke luar kota, jagalah kondisi tubuh agar saat keberangkatan tetap dalam keadaan sehat. Virus corona akan memberikan dampak parah jika tubuh sedang tidak dalam keadaan sehat. 

2. Jaga kebersihan

Selanjutnya yang terpenting adalah jaga kebersihan. Selalu cuci tangan sebelum dan sesudah makan akan membantu Anda untuk terhindar dari virus yang satu ini. Selain itu, bawalah hand sanitizer bila memang tidak menemukan air mengalir. Apabila sudah sampai ke tempat tujuan, Anda bisa langsung mandi agar bakteri dan virus yang menempel hilang. 

3. Jaga jarak dan gunakan masker 

Ketika berada di tempat umum, lebih baik menghindari tempat-tempat yang ramai. Jika memang harus ke tempat ramai, jagalah jarak Anda minimal 1,5 meter. Lalu, jangan pernah melepas masker, kecuali pada saat makan. Tapi, bila memungkinkan lebih baik makan dibungkus saja agar menghindari lokasi yang ramai. 

Itulah penjelasan tentang Level 1 yang sekarang ini disematkan di Indonesia. Walaupun sudah mencapai level terendah, tapi bukan berarti Anda lengah. Lakukanlah vaksin agar imunitas bisa meningkat dan penyebaran virus corona bisa dicegah.