Daftar Perusahaan-perusahaan yang IPO 2021

Dengan berinvestasi saham dapat menambahkan nilai uang menjadi lebih tinggi dan terdapat bonus dividen jika dibandingkan hasil dari menabung. Akan tetapi, bermain saham tersebut tidak mudah seperti apa yang dipikirkan. Kita perlu memiliki pengetahuan serta pengalaman agar dapat dengan teliti mengambil sebuah keputusan dengan tepat saat bermain saham.

Pengetahuan yang wajib dimiliki oleh para pemain saham yaitu tentang Initial Public Offering atau yang sering disebut IPO. IPO sendiri merupakan sebuah penawaran saham dari suatu perusahaan agar dapat dibeli oleh publik untuk pertama kalinya. Oleh karena itulah suatu perusahaan mendapatkan modal yang jauh lebih besar lagi melalui investor.

Keuntungan dari Perusahaan IPO

Perusahaan yang telah IPO dapat dikatakan telah melepas saham yang dimiliki perusahaan agar dimiliki oleh masyarakat umum. Namun terdapat pertanyaan mengenai mengapa sebuah perusahaan harus menggunakan cara tersebut, alasannya yaitu perusahaan tersebut akan mendapatkan sejumlah keuntungan berikut ini.

  • Perusahaan akan mendapatkan sejumlah tambahan modal

Agar dapat berkembang dengan optimal maka sebuah perusahaan membutuhkan tambahan modal. Tambahan modal tersebut dapat diperoleh melalui bank, akan tetapi terdapat sebuah pilihan lain agar perusahaan tersebut mendapatkan sejumlah dana yaitu dengan melakukan go public. Melalui penjualan saham perusahaan dapat digunakan dalam mengurangi kekurangan perusahaan seperti utang.

  • Perusahaan akan memiliki popularitas dan nilai yang meningkat

Bagi perusahaan go public atau melepaskan saham perusahaannya agar dapat diperjualbelikan melalui Bursa Efek Indonesia maka perusahaan tersebut memiliki kesan yang prestisius. Dengan diiringi oleh kinerja yang bagus, maka nilai perusahaan tersebut juga dapat meningkat pesat.

  • Mendapatkan potongan pada pajak

Hal menarik lainnya bagi perusahaan yang go public maka perusahaan tersebut akan mendapatkan potongan pada pajak penghasilan sebanyak 5 persen dari pemerintah. Kemudian selain keuntungan potongan pajak, bagi perusahaan terbuka atau Tbk diberikan pajak penjualan lebih rendah jika dibandingkan dengan sebuah perusahaan yang non-Tbk.

Syarat yang diperlukan untuk Perusahaan IPO

Dengan beberapa keuntungan yang menjadi alasan untuk menjadi perusahaan IPO, tidak heran apabila banyak perusahaan bersaing agar go public. Terdapat berbagai persyaratan serta tahapan yang wajib dijalankan agar memperoleh status tersebut. Syarat-syarat yang diperlukan perusahaan go public terdapat tiga kriteria yaitu.

Struktur kepemimpinan sebuah perusahaan yang baik dengan artian perusahaan berbadan hukum PT, kemudian mempunyai Komisaris Independen, Komite Audit serta Unit Audit Internal dan mempunyai Sekretaris Perusahaan

Syarat dalam akuntansi dan keuangan. Perusahaan harus memiliki masa operasional 12 bulan atau lebih. Bagi perusahaan berkembang dengan skala menengah, maka laba usaha tersebut boleh rugi akan tetapi memiliki syarat yaitu pada tahun kedua wajib mempunyai laba usaha dengan berdasarkan pada proyeksi.

Kemudian jumlah dari saham yang akan ditawarkan publik bagi suatu perusahaan berkembang yaitu memiliki 150 juta lembar. Sedangkan untuk pemegang saham yaitu 500 pihak atau lebih. Harga dari saham perdana yaitu 100 rupiah atau lebih.

Kelebihan dan kekurangan dari saham IPO

Untuk Anda yang masih pemula untuk berinvestasi, ada baiknya untuk tidak berinvestasi tanpa memiliki pertimbangan. Anda perlu mengetahui keuntungan serta kerugian pada jenis investasi yang ingin Anda lakukan.

Kelebihan saham IPO yaitu mempunyai sebuah potensi keuntungan tinggi. Banyak dari para investor yang berpengalaman juga menyebutkan jika memilih investasi ini akan membuka peluang untuk memperoleh keuntungan yang tidak terbatas. Akan tetapi, resiko kegagalan investasinya juga tidak dapat diminimalisir.

Kemudian harga dari saham tersebut masih terjangkau. Maka dari itu dengan menggunakan modal yang terbatas Anda dapat menjadi bagian dari suatu perusahaan. Memulai investasi saham IPO juga cukup mudah serta fleksibel sebab mengaksesnya dapat melalui berbagai macam aplikasi trading.

Kelemahan dari saham IPO sendiri yaitu terdapat batasan jumlah pada saham yang dapat dibeli. Tujuan hal tersebut yaitu menghindari suatu saham hanya dimiliki oleh beberapa orang saja. Kemudian kekurangan lainnya yaitu proses pembelian saham yang tidak cepat dimana cenderung membutuhkan waktu 1 minggu agar dapat melakukan withdrawal.

Penawaran sebuah saham merupakan tahap yang paling akhir dan juga paling penting. Menjadi calon investor, Anda dapat membeli saham melalui agen penjual yang telah ditunjuk.

Sesuai dengan syarat, apabila pembeli saham tersebut jumlahnya lebih banyak dari lembar yang telah disediakan, maka permintaan pembelian nantinya akan dikurangi. Oleh karena itu para pembeli saham akan berhak mendapatkan jatahnya masing-masing yang disebut dengan allotment.

Daftar Perusahaan-Perusahaan yang IPO 2021

Berikut ini beberapa daftar perusahaan-perusahaan yang IPO sepanjang tahun 2021 menurut dari catatan Bursa Efek Indonesia.

  1. Ace Oldfields
  2. Archi Indonesia
  3. Avia Avian
  4. Bank Aladin Syariah
  5. Bank Multiarta Sentosa
  6. Berkah Beton Sadaya
  7. Bintang Samudera Mandiri Lines
  8. Bukalapak.com
  9. Bundamedik
  10. Caturkarda Depo Bangunan
  11. Cemindo Gemilang
  12. Cisarua Mountain Dairy
  13. DCI Indonesia
  14. Damai Sejahtera Abadi
  15. Dayamitra Telekomunikasi
  16. Dharma Polimetal
  17. Diagnos Laboratorium Utama
  18. Era Graharealty
  19. FAP Agri
  20. Falmaco Nonwoven Industri
  21. Fimperkasa Utama
  22. Formosa Ingredient Factory
  23. GTS Internasional
  24. Geoprima Solusi
  25. Global Sukses Solusi
  26. Harapan Duta Pertiwi
  27. Hasnur Internasional Shipping
  28. Idea Indonesia Akademi
  29. Imago Mulia Persada
  30. Indo Oil Perkasa
  31. Indo Pureco Pratama
  32. Indointernet
  33. Jaya Swarasa Agung
  34. Kedoya Adyaraya
  35. Ladangbaja Murni
  36. Lima Dua Lima Tiga
  37. Nusa Palapa Gemilang
  38. OBM Drilchem
  39. PAM Mineral
  40. Panca Anugrah Wisesa
  41. Perma Plasindo
  42. Prima Andalan Mandiri
  43. RMK Energy
  44. Sunter Lakeside Hotel
  45. Surya Biru Murni Acetylene
  46. Trimegah Karya Pratama
  47. Triniti Dinamik
  48. Triputra Agro Persada
  49. Ulima Nitra
  50. Wahana Inti Makmur
  51. Widodo Makmur Perkasa
  52. Widodo Makmur Unggas
  53. Wira Global Solusi
  54. Zyrexindo Mandiri Buana