mobil toyota

Deretan Mobil Toyota Yang Dapat PPnBM 0 Persen Bulan Maret Ini

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengharapkan masyarakat kelas menengah yang ada di Indonesia bisa untuk membeli mobil baru mulai bulan maret tahun ini. Hal ini dikarenakan setelah adanya kebijakan insentif pajak penjualan barang mewah, yang menjadikan banyak harga mobil baru mengalami penurunan harga.

Sekedar informasi, industri otomotif merupakan salah satu industri manufaktur yang paling terdampak pandemi Covid-19. Padahal, industri otomotif merupakan salah satu industri yang paling tinggi dalam penyerapan tenaga kerja di Indonesia.

Oleh karena itu, pemerintah memutuskan untuk memberikan insentif finansial yang berbentuk kebijakan penurunan tarif PPnBM mobil. Pemerintah berharap dapat memberikan insentif berupa PPnBM 0% yang diharapkan dapat meningkatkan pembelian dan produksi kendaraan bermotor kembali.

Periode Berlakunya Kebijakan Insentif PPnBm 

Kementerian Keuangan telah menerbitkan aturan yang memberlakukan keringanan pajak penjualan atas barang mewah sebesar 0% untuk beberapa jenis mobill baru. Dengan adanya kebijakan tersebut,  sekitar 21 jenis mobil akan mengalami penurunan harga sampai dengan belasan juta rupiah dikarenakan berkurangnya pajak penjualan atas barang mewah.

Kebijakan terbaru tersebut tertuang pada Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 20 / PMK.010 / 2021, yang melibatkan PPnBM pemerintah untuk penyerahan barang kena pajak mewah berupa kendaraan bermotor tertentu dalam anggaran tahun ini. Pemerintah memotong PPnBM untuk mobil baru sampai akhir tahun ini, dengan jenjang 3 bulan setiap periode pemotongan pajak PPnBm. 

Artinya dalam tiga bulan pertama insentif tersebut, setiap pembelian mobil baru di bawah 1.500 cc t PPnBM akan dihilangkan. Kemudian dalam tiga bulan ke selanjutnya, besaran diskon yang diberikan adalah 70%, dan di 3 bulan terakhir sebesar 50%. Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani sudah menetapkan Peraturan Menteri Keuangan tersebut sejak 25 Februari 2021.

Satu hal yang perlu Anda ketahui, ada empat pajak yang dikenakan saat Anda membeli mobil baru. Pajak-pajak tersebut adalah pajak pertambahan nilai atau PPN sebesar 10%, Pajak Pertambahan Nilai Barang Mewah atau disebut PPnBM yang besarnya berbeda tergantung jenis mobil yang akan Anda beli, mulai dari 3% sampai 125%. Dan dua pajak daerah antara lain Pajak Kendaraan Bermotor atau disebut PKB yang besarnya juga berbeda setiap orang, mulai dari 2%-3% tergantung apakah Anda tercatat sebagai pajak PKB progresif atau tidak. Dan yang terakhir Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor BBNKB sebesar 10% sampai dengan 12,5% tergantung masing-masing daerah. Manfaatkan layanan kredit cepat dengan syarat dan proses mudah untuk kebutuhan pembayaran pajak kendaraan Anda.

Kriteria Jenis Mobil yang Mendapatkan Potongan Pajak

mobil toyota

Menurut kebijakan Kementerian Keuangan, kriteria mobil dengan tarif pajak 0%, yaitu mobil dengan mesin tidak lebih dari 1.500 cc dan hanya menggunakan sistem penggerak dua roda. Kriteria lainya yaitu mobil tersebut harus mengandung suku cadang lokal sebesar 70%.

Jenis kendaraan yang dapat menikmati potongan 0% PPnBM antara lain adalah kendaraan serba guna atau biasa disebut MPV kelas rendah, seperti Nissan Livina, Suzuki Ertiga, Wuling Confero, Mitsubishi Xpander, Toyota Avanza, serta juga Daihatsu Xenia.

Jenis kendaraan yang dapat menikmati pembebasan 0% PPnBM antara lain adalah kendaraan serba guna (MPV) kelas rendah, seperti Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, Wuling Confero, Toyota Avanza, dan Nissan Livina. Mobill jenis lain yang juga mengalami potongan adalah jenis low cost green car atau biasa disebut LCGC, seperti Honda Brio, Toyota Calya dan Agya, Daihatsu Sigra dan Ayla. 

Penerapan Pajak PPnBM 0%

Mobil dengan jenis hatchback dan sedan mungkin menjadi yang paling besar potongan harganya pada kebijakan ini. Namun harus diperhatikan bahwa tidak semua mobil bisa mendapatkan potongan pajak ini. Sesuai standar yang disebutkan, diharapkan mobil jenis hatchback ada dua model yang bisa menjadi pendorong, yakni Toyota Yaris dan Honda Jazz. Sedangkan untuk jenis mobil sedan, hanya Toyota Vios.

Dalam masa kebijakan ini, tak diragukan lagi Toyota Vios menjadi model yang paling tinggi insentifnya. Pasalnya, tidak ada lagi mobil lain di kriteria mobil penggerak dua roda dengan kapasitas mesin kurang dari 1.500 cc, dan kandungan lokalnya mencapai 70%.

Misalnya, mobil Toyota Yaris dengan tipe paling rendah diperkirakan mendapat potongan 10% dari harga jual, yakni sekitar Rp 26.625.000. Dengan harga jual Toyota Yaris yang saat ini berkisar Rp 257.700.000. Makan setelah mendapatkan potongan, harga Toyota Yaris akan menjadi Rp. 239.625.000 .

Deretan Mobil Toyota Yang Mendapat Potongan Pajak

1. Toyota Yaris 

Harga Awal : Rp257,7 juta – Rp304,25 juta 

Harga PPnBm 0% : Rp239 juta – 273 juta 

2. Toyota Vios 

Harga Awal : Rp311,9 juta – Rp346,85 juta 

Harga PPnBM 0% : Rp261 juta – Rp296 juta 

3. Toyota Sienta 

Harga Awal : Rp258,1 juta – Rp354,3 juta 

Harga PPnBM 0% : Rp240 juta – Rp326 juta 

4. Toyota Avanza 

Harga Awal : Rp255 juta – Rp298,5 juta 

Harga  PPnBM 0% : 229 juta – Rp267 juta 

5. Toyota Rush 

Harga Awal : Rp257,7 juta – Rp279,1 juta 

Harga PPnBM 0% : Rp231,930 juta – Rp 251,19 juta