Kasus Covid Omicron Kembali Meroket, Apa Langkah Pemerintah?

Johnny G, Menkominfo meminta kepada setiap Pemerintah Daerah untuk memperketat pengawasan atas penerapan prokes serta memaksimalkan penggunaan platform Peduli Lindungi. Kedua hal tersebut merupakan rencana utama guna membendung penyebaran virus Covid-19 tipe Omicron.

Langkah-Langkah yang Dilakukan Oleh Pemerintah

Johnny mengatakan, pemerintah telah menyiapkan tujuh langkah untuk menekan penyebaran Omicron di Indonesia, yaitu :

  1. Pemerintah tetap akan memberlakukan PPKM dengan level-level tertentu sesuai dengan kondisi.
  2. Pemerintah akan menetapkan untuk ambang batas dari kasus covid 19 per harinya hanya 10 kasus dari 1 juta jumlah penduduk atau 2,700. Hal ini berguna untuk mengukur pengetatan aktivitas masyarakat.
  3. Pemerintah akan melakukan pengetatan pembatasan bila kasus covid 19 semakin tinggi melebihi 500 atau 1000 per harinya.
  4. Pengetatan dilakukan oleh pemerintah ketika rawat inap serta kematian nasional dan bila ada provinsi yang mendekati Lv. 2 sesuai dengan ketentuan.
  5. Pemerintah akan melakukan pemantauan pada mobilitas masyarakat yang dilakukan di lokasi-lokasi wisata.
  6. Mempercepat proses vaksinasi pada daerah-daerah yang dosis pertamanya belum mencapai 50%.
  7. Pemerintah berencana untuk meningkatkan masa karantina dari 7 hari menjadi 14 hari apabila penyebaran omicron semakin meluas.

Menkominfo juga meminta untuk masyarakat tidak terlalu panik. Karena berdasarkan penelitian, ada kemungkinan bila kasus Omicron ini lebih ringan bila dibandingkan varian Delta. Tetapi, masyarakat juga harus tetap menjalankan prokes dan ada baiknya untuk tidak bepergian apabila tidak penting.

Langkah Pencegahan Bagi Diri Sendiri dan Keluarga

Varian Omicron sudah mulai menyebar ke banyak negara. Ada begitu banyak upaya guna mencegah varian Omicron. Belum lagi, mengingat potensi dari varian Omicron, para ilmuwan menyarankan agar segera melaksanakan vaksinasi dan memperoleh booster demi memperkuat imunitas. Selain vaksinasi, ada banyak langkah yang harus dilakukan agar dapat terhindar dari varian omicron, seperti :

1. Melakukan vaksinasi

Saat ini, vaksinasi menjadi cara utama untuk mencegah penyebaran virus dan terinfeksi covid-19. Jadi, pemerintah memang mewajibkan masyarakat untuk mengikuti program ini demi mengurangi angka kematian dan penyebaran virus.

Apalagi beberapa waktu lalu, telah beredar kabar bila virus dengan varian terbaru sudah masuk ke Indonesia dan pemerintah sudah memerintahkan semua masyarakat untuk mengikuti vaksinasi booster demi memperkuat imunitas. Jadi, bila Anda tertular. Maka efeknya tidak akan terlalu berbahaya bagi penderitanya.

2. Selalu taat akan prokes saat ingin berpergian dan setelahnya

Penting juga bagi Anda untuk menaati dan melakukan isolasi mandiri ketika pulang bepergian dari dan ke luar negeri. Selalu menjaga jarak saat akan turun dan berada dalam antrian ketika sampai dan turun dari moda transportasi yang digunakan.

Patuhi dan ikuti seluruh panduan COVID-19 pada otoritas lokal ketika Anda sampai di bandara, pelabuhan maupun stasiun. Bila terdapat peraturan untuk melakukan karantina setelah Anda bepergian, maka harus dipatuhi.

Dalam peraturan yang ada, proses karantina di persingkat, dari yang awalnya 10 menjadi 5 hari. Namun, saat ini karena ada varian baru, maka pemerintah berencana untuk menaikkan kembali menjadi 14 hari.

3. Mencuci tangan

Selalu mencuci tangan setelah berkegiatan atau memegang benda apapun. Gunakanlah sabun khusus penghilang bakteri dan virus saat melakukannya. Hal ini merupakan salah satu saran dari WHO guna terhindar dari virus Covid-19.

4. Tingkatkan imunitas tubuh

Hal lainnya yang juga penting adalah meningkatkan imunitas tubuh dengan cara menjalani pola hidup yang sehat, misalnya mengkonsumsi makanan bergizi, buah-buahan, sayur serta vitamin. Selain itu jangan lupa untuk berolahraga. Anda harus melakukan semuanya itu dengan teratur dan jangan pernah telat makan.

5. Menggunakan masker

Selalu mengenakan masker saat keluar rumah dan ganti setiap enam jam sekali. Untuk jenis maskernya sendiri, lebih disarankan untuk menggunakan KN95 atau N95. Karena kedua masker tersebut dapat mencegah terjadinya penularan lebih dari 95%.

Bila perlu gunakan double masker agar lebih menjaga diri Anda. Selain itu, pastikan juga jika masker menutupi area hidung dan mulut dengan baik.

6. Hindari kerumunan dan jaga jarak

Ketika berada diluar rumah, selalu pastikan tidak mendekati kerumunan dan selalu jaga jarak. Hal ini sangat diperlukan untuk memutus rantai penyebaran. Karenanya akan lebih baik bila Anda tidak keluar rumah jika tidak terlalu perlu.

7. Lakukan tes covid-19

Untuk mengetahui apakah Anda terpapar virus atau tidak, maka harus melakukan tes Antigen atau PCR. Apalagi bila ternyata setelah bepergian, Anda merasa mengalami gejala covid-19. Jangan sampai diabaikan karena jika ternyata Anda terpapar dan tidak melakukan tindakan penularan, maka bisa saja orang-orang disekitar juga terdampak.

Demikianlah langkah yang diambil oleh pemerintah guna melakukan pencegahan virus covid-19 tipe omicron, beserta beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menghindari tertularnya virus omicron ini.