tri rismaharini

Menelisik Perjalanan Karir Rismaharini, Dari PNS Menjadi RI 29

rasikafm.co.id – Siapa yang tidak mengenal sosok Tri Rismaharini? Beliau menjadi salah satu wanita yang mempunyai sepak terjang yang tinggi dalam dunia politik. Tidak heran performa beliau menjadi sorotan banyak masyarakat Indonesia. Apalagi semenjak menjabat sebagai Menteri Sosial, Bu Risma sempat beberapa kali menjadi topik hangat di media sosial dan televisi nasional. 

Tentunya sosok perempuan satu ini banyak menginspirasi dan menjadi idola masyarakat Indonesia dan Surabaya. Penasaran mengenai perjalanan karirnya bu Risma? Pada kesempatan kali ini kami akan membahas dan mengulas mengenai perjalanan karir Tri Rismaharini yang menarik untuk diketahui. 

Perjalanan Karir Bu Risma

1. Memulai Sebagai PNS

Siapa yang menyangka kalau politikus dan sekarang menjabat sebagai menteri ini memulai semuanya dari Pegawai Negeri Sipil (PNS). Tepatnya beliau menjadi PNS di Pemerintahan Kota Surabaya, Jawa Timur. Pada tahun 1997, Risma telah menjabat sebagai Kepala Seksi Tata Ruang dan Tata Guna Tanah Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko). 

Selama perjalanan karirnya, Bu Risma telah menjabat dan menduduki jabatan di Pemerintahan Kota Surabaya dari tahun 1997 sampai 2008. Tepat pada tahun 2008, beliau dipercaya dan ditunjuk sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya selama kurang lebih 2 tahun (2008 – 2010). 

Setelah kenyang dan menjadi seorang PNS, Perempuan kelahiran Kediri, 20 November 1961 ini mulai melirik jabatan politis dan mencalonkan diri sebagai Walikota Surabaya pada tahun (2010-2015 dan 2015 – 2020) dan berhasil memenangkan jabatan strategi tersebut. 

2. Menjadi Seorang Walikota 

Selama 10 tahun menjabat sebagai Walikota Surabaya, Tri Rismaharini mempunyai berbagai gebrakan dan membuat banyak perubahan pada pemkot Surabaya. Baik dari perubahan administrasi secara digital, mengurangi kemiskinan, tata kota, dan berbagai prestasi lainnya yang membuat masyarakat Kota Surabaya cukup puas dengan hasil kerjanya. 

tri rismaharini

Menjabat sebagai Walikota dan didampingi oleh Whisnu Sakti Buana, selama tahun 2015 Ibu Risma memiliki beragam prestasi dan pertama kali di Indonesia. Pertama mendapatkan prestasi sebagai Wali Kota terbaik Ketiga versi World Mayor Project 2015 dan mendapatkan prestasi Anugerah Adipura Kencana selama tiga tahun berturut-turut dan pertama dalam sejarah. 

Memasuki tahun 2020 kemarin, Ibu Risma masih menjabat beberapa waktu dan sebelumnya digantikan oleh Walikota terpilih selanjutnya. 

3. Jabatan Politis di PDIP

Tidak hanya menjadi sebagai seorang Walikota, tetapi Tri Rismaharini juga aktif dalam berbagai kegiatan politik. Salah satunya dengan ikut bergabung dan terlibat aktif dalam Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di bawah ketua umum Megawati Soekarno Putri. Posisinya pada PDIP, Bu Risma termasuk petinggi penting dan elite dalam partai.

Semenjak bergabung dari tahun 2019 – 2024, Ibu Risma ditunjuk sebagai Ketua DPP PDIP bidang kebudayaan dan menjadi salah satu yang penting dalam partai. Keputusan ini ditunjuk langsung oleh ketua umum partai. Dalam jumpa pers tersebut, Megawati Soekarno Putri dalam jumpa persnya menunjuk Risma, karena melihat dari prestasi menjabat menjadi walikota. 

Baca Juga : Ingin Melek Secara Finansial? 4 Drama Korea di Bawah Ini Dapat Menjadi Pilihan

4. Menteri Sosial 

Melihat berbagai agenda dan sepak terjangnya membuat Tri Rismaharini sekarang ini mencapai posisi yang begitu strategis dalam pemerintahan. Presiden Joko Widodo menunjuk Ibu Risma sebagai Menteri Sosial menggantikan Juliari P Batubara yang tersandung kasus korupsi dana bansos (bantuan sosial) covid 19. 

Adanya kekosongan tersebut membuat pihak istana untuk segera melakukan perombakan dan membutuhkan orang-orang yang bisa diandalkan untuk cepat kerja dan memberikan solusi. Karena sekarang Indonesia masih terus berperang dengan Covid 19, dengan adanya tokoh-tokoh pengganti tersebut membuat ada kebijakan dan solusi terbaik untuk negara. 

Akhirnya pada 22 Desember 2020 sore hari, Presiden Joko Widodo menunjuk Tri Rismaharini atau Ibu Risma ditunjuk menjadi pejabat Menteri Sosial (Mensos). Proses reshuffle ini juga diikuti oleh tokoh-tokoh lainnya. Sandiaga Uno yang saat ini mengganti jabatan Wishnutama sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 

Wahyu Sakti Trenggono sebagai Menteri Kelautan serta Perikanan untuk menggantikan Edhy Prabowo yang tersandung korupsi benih lobster. Yaqut Cholil Qoumas mengisi posisi  Fachrul Razi sebagai Menteri Agama, Budi Gunadi menggantikan Terawan sebagai Menteri Kesehatan, dan terakhir adalah Muhammad Lutfi yang pada akhirnya mengisi posisi Agus Supramanto sebagai Menteri Perdagangan.

Menanti Gebrakan Baru 

Menjabat sebagai Menteri Sosial Republik Indonesia, tentunya Ibu Risma harus menghadapi berbagai kesulitan dan tantangan kedepannya. Karena sekarang ini Indonesia masih terus mengalami berbagai masalah dan persoalan yang harus diselesaikan dengan cepat. Terutama mengenai kasus covid 19 dan berbagai bencana alam lainnya. 

Tidak hanya itu saja, Ibu Risma juga harus memperhatikan mengenai kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat yang masih terus menjadi masalah di Indonesia. Dengan begitu, Rakyat Indonesia menanti gebrakan baru dari sang inovator untuk memberikan harapan baik untuk kemajuan bangsa dan negara. 

Itulah beberapa penjelasan lengkap mengenai perjalanan karir Tri Rismaharini dari PNS sampai menjadi Menteri Sosial. Semoga informasi ini dapat menginspirasi dan memberikan banyak masukan yang baik kedepannya.