Pernikahan Kaesang Membantu Roda Perekonomian Solo

Pernikahan anak presiden yang ke-3 yaitu Kaesang Pangarep akhirnya resmi dilakukan pada hari sabtu tanggal 10 desember tahun 2022. Kemeriahan pernikahan anak presiden ini dinilai membawa keberkahan bagi lingkungan disekitarnya. Pernikahan yang dilangsungkan dengan berbagai kegiatan adat ini juga menjadi salah satu hiburan adat istiadat bagi Kota Solo, pasalnya dari pernikahan ini juga terdapat 9 panggung yang disediakan untuk dinikmati oleh masyarakat sekitar sebagai hiburan gratis. Bukan hanya hiburan gratis saja, pernikahan anak presiden yaitu Kaesang dan Erina ini juga menyediakan dan memberikan makanan serta jajanan dari berbagai produk yang dimiliki oleh kedua mempelai. Tentunya makanan dan jajanan sepanjang jalan ini gratis loh teman – teman, kamu juga bisa mengambil makanan dan jajanan sepuasnya terutama bagi warga Solo. 

Lalu sebenarnya kenapa sih pernikahan putra ke-3 presiden Indonesia ini dinilai mampu membantu roda perekonomian di Solo? Sangat menarik untuk dibahas ya, nah berikut penjelasannya. 

  • Mengizinkan UMKM Setempat Mempromosikan Produknya

Pernikahan puta ke-3 presiden Jokowi Dodo ini mampu melibatkan para pelaku usaha usaha mikro kecil dan menengah untuk terlibat aktif selama prosesi pernikahan Kaesang dan Erina. Kaesang mengajak warga sekitar Kota Solo untuk mempromosikan barang atau produk usahanya pada saat pernikahan Kaesang dan Erina ini berlangsung. Banyaknya warga sekitar yang menghadiri pernikahan tersebut, membuat gedung Pura Mangkunegaran itu menjadi ramai didatangi warga Kota Solo. Dengan kemeriahan itulah yang dianggap sebagai momentum bagi para pelaku usaha untuk aktif menampilkan dan mempromosikan barang dagangannya. 

Momentum pernikahan kaesang ini juga bukan hanya sebagai ajang promosi dan menampilkan barang dagangan saja, namun para pelaku UMKM juga panen rezeki. Maksudnya adalah, penjualan para pelaku UMKM menjadi meningkat akibat promosi tersebut. banyak warga kota solo yang tertarik hingga membeli produk – produk UMKM yang berada di sekitar gedung Pura Mangkunegaran. 

  • Souvenir Pernikahan Dari UMKM Kota Solo

Diketahui bahwa Kaesang dan Erina memesan souvenir berupa hasil karya dari UMKM setempat. Perilaku ini juga dinilai cukup baik oleh warganet dan warga setempat. Dengan memesan dari hasil karya UMKM setempat, secara langsung maupun tidak langsung hal ini juga sebagai ajang promosi dan perkenalan budaya Indonesia, mengingat yang hadir di pernikahan Kaesang dan Erina juga dihadiri oleh tamu mancanegara, maka souvenir ini dapat dijadikan perkenalan yang mencerminkan budaya jawa sebagai budaya di Indonesia. 

Souvenir ini dipesan dalam jumlah yang banyak mengingat tamu yang hadir juga sangat banyak dan meriah, tak hanya melibatkan UMKM lokal saja, Kaesang dan Erina juga ikut membantu pengrajin sekitar Kota Solo dalam hal pembuatan souvenir ini dan mereka juga cukup bangga karena hasil karyanya dipesan dan dipakai pada pernikahan putra ke-3 presiden Indonesia ini. 

  • Pedagang Panen Pembeli 

Pada pernikahan Kaesang dan Erina ini, bukan hanya memberikan kebahagiaan kepada kedua belah pihak, namun juga memberikan berkah kepada seluruh warga yang ada di Kota Solo hingga Yogyakarta. Bayangkan saja, bukan hanya pedagang makanan yang laris manis, namun seluruh bidang usaha lokal juga ikut panen, dari mulai tukang becak, tukang parkir, tukang bunga, penjual makanan dan minuman, jasa jahit baju, laundry, hingga penyedia jasa transportasi menjadi panen pelanggan berkat adanya pernikahan Kaesang sebagai putra ke-3 presiden Indonesia. semua pedagang bahkan penyedia jasa juga merasa bahagia karena dagangan dan jasanya ramai dan habis terbeli dalam waktu yang singkat. Hal inilah yang yang menjadikan pernikahan Kaesang dan Erina membawa keberkahan bagi seluruh pihak terutama keluarga inti dan warga sekitar Kota Solo dan Yogyakarta. 

  • Presiden Jokowi Pesan Busana Adat Dari UMKM Lokal

Jelang pernikahan anak presiden Indonesia, baju pihak dari keluarga mempelai pria yaitu keluarga dari presiden Jokowi Dodo dibuat oleh penyedia jasa jahit UMKMdi Kota Solo. Hal ini juga membawa berkah bagi pelaku usaha kecil menengah bidang jasa jahit. Pihak keluarga presiden Jokowi Dodo setidaknya memesan sebanyak 82 pakaian tradisional Jawa atau beskap kepada salah satu usaha busana Jawa di Solo, Jawa Tengah. Diketahui tempat busana Jawi Suratman kembali mendapatkan kepercayaan dari keluarga presiden Jokowi untuk membuat busana Jawa yang akan digunakan 3 acara sekaligus, yaitu siraman, akad nikah dan resepsi untuk keluarga besar serta panitia pada pernikahan Kaesang dan Erina. Pihak keluarga Jokowi memesan jarik bermotif sidodadi dan ceplok yang bermakna kebahagiaan. 

Wah, ternyata dari pernikahan anak presiden ini memberikan banyak kebahagiaan dan berkah bagi warga sekitarnya ya. Dari pernikahan ini, kita juga bisa menilai bahwa kedua mempelai sangat mengedepankan adat istiadat lokal yang saat ini sudah mulai dilupakan dalam prosesi pernikahan di Indonesia. Tentunya tak lupa untuk mengucapkan selamat berbahagia dalam menempuh kehidupan yang baru bagi Kaesang dan Erina.