virus covid-19

Varian-varian Covid-19 yang Sudah Masuk Ke Indonesia

Pandemic Covid-19 yang pada saat ini masih melanda dunia sepertinya masih menjadi topik yang cukup mengkhawatirkan, termasuk Indonesia. Belakangan public juga semakin khawatir dengan adanya varian-varian baru yang muncul, sebut saja varian delta yang berasal dari India dan yang terbaru adalah varian dari Afrika Selatan. 

Banyaknya varian virus covid-19 yang saat ini ada membuat banyak sekali masyarakat Indonesia bingung disamping rasa khawatir. Sebenarnya apa saja varian virus covid-19 yang sudah masuk ke Indonesia? berikut ini adalah penjelasannya. 

Varian Covid-19 yang Sudah Masuk Ke Indonesia 

Tidak mengherankan memang bahwa terjadi mutasi akan virus corona yang saat ini menyebar. Hal ini sudah diprediksi oleh banyak ahli epidomologi. Saat ini ada beberapa varian yang telah masuk ke Indonesia, berikut ini adalah daftarnya: 

  • Alfa B. 1. 1. 7 

Jenis varian yang satu ini pertama kali ditemukan di Inggris pada September 2020. Tingkat penularannya sendiri lebih 40% hingga 90% lebih menular dari jenis virus corona yang sebelumnya. Virus corona tipe yang satu ini rupanya mampu menembus daya tahan tubuh manusia. 

Bahkan gejala yang dirasakan mulai dari ringan hingga berat serta berpotensi untuk dilakukan perawatan lebih intensif di rumah sakit. Varian virus ini sendiri pada April 2021 telah mendominasi Amerika dan Inggris. Indonesia sendiri mencatat per 16 Juli 2021 sudah ada 55 kasus penularan untuk varian covid-19 B117 ini. 

  • Beta B. 1.351 

Pertama kali ditemukan di Afrika Selatan pada Mei 2020, di mana varian beta ini sendiri masih belum diketahui tingkat penularannya. Varian Beta ini memungkinan pasien yang tertular mendapatkan gejala yang cukup berat. Bahkan varian ini kebal terhadap obat-obatan yang dianjurkan. Hingga saat ini sendiri hanya vaksin yang bisa meminimalisir gejala yang ditimbulkan oleh varian ini. Untuk Indonesia, tercatat 10 kasus per 16 Juli 2021. 

  • Delta B. 1. 617. 2

Varian yang satu ini pertama kali muncul di India pada Oktober 2020. Di mana saat ini varian delta sudah menyerang 74 negara dan mendominasi India serta Inggris. Tingkat penularan dari varian yang satu ini sangatlah tinggi yaitu sekitar 30% hingga 100%. Bahkan gejala yang ditimbulkan pun dari ringan hingga berat. 

Bahkan pasien yang tertular varian delta memiliki resiko 2 kali lipat untuk menjalani rawat inap di rumah sakit dibandingkan varian alfa. Hingga saat ini sendiri masih belum diketahui secara pasti mengapa varian delta ini menyabar dengan cepat. Di Indonesia per tanggal 16 Juli 2021 sudah mencatat kasus varian delta sebanyak 759 kasus. 

Data di atas masih bisa bertambah, mengingat bahwa penyebaran varian-varian Covid-19 semuanya memiliki tingkat penyebaran yang tinggi. Ada pun varian Gamma yang pertama kali ditemukan di Brazil dan Jepang. Tapi, jenis varian tersebut belum terdekteksi di Indonesia. Varian Gamma ini juga masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut karena kebal terhadap beberapa jenis obat. 

Tips Mencegah Tertular Varian Virus Covid-19 

Adanya varian-varian baru dari mutasi virus Covid-19, membuat kita harus tetap waspada. Apalagi dengan tingkat penularannya yang terbilang sangat cepat. Namun, Anda dapat mengambil beberapa langkah pencegahan akan tertular virus covid-19. Berikut ini adalah tipsnya: 

  • Selalu cuci tangan dan menjaga kebersihan 

Hal pertama yang perlu sekali untuk Anda lakukan adalah dengan selalu mencuci tangan sehabis dari luar rumah dan menjaga kebersihan di sekitar rumah. Seperti yang sudah disarankan oleh WHO, pencegahan paling efektif adalah dengan menjaga kebersihan tangan. 

Apabila Anda baru saja keluar rumah, maka sebelum masuk lebih baik mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir selama 20 detik. Apabila memang sedang berada di luar rumah, penggunaan hand sanitizer bisa diterapkan. 

  • Menggunakan masker 

Ketika Anda berada di luar rumah, jangan pernah tidak menggunakan masker. Masker sendiri sangat efektif untuk mencegah penularan infeksi dari bakteri dan virus. Adapun beberapa jenis masker yang efektif untuk mencengah penularan virus corona, seperti masker bedah dan N95. Penggunaan masker ini pun hanya bisa sekali saja. Pada saat melepas masker pun ada baiknya Anda langsung mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer serta tidak memegang bagian depan masker. 

  • Jaga daya tahan tubuh 

Hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah dengan selalu menjaga daya tahan tubuh. Virus corona ini sendiri terbilang lemah ketika tubuh dalam kondisi yang baik. Anda dapat menjaga daya tahan tubuh dengan selalu memakan makanan yang bergizi, berolahraga rutin dan juga minum supplemen. 

  • Vaksin

Vaksin adalah salah satu cara agar Anda dapat terhindar dari penularan covid-19 dengan gejala berat. Saat ini pemerintah sendiri telah menggalakan vaksin untuk masyarakat Indonesia. vaksin-vaksin ini sendiri sudah terbukti mampu meningkatkan daya tahan tubuh hingga 70%. Sehingga ketika tertular covid-19, maka tidak akan mengalami gejala lebih parah. 

Walaupun saat ini seluruh negara sedang berjuang melawan penularan virus Covid-19, tapi kita tidak perlu takut. Hal paling penting ada selalu waspada dan menjaga kebersihan serta hindari kerumunan. Dengan menjalankan protol kesehatan yang ketat, kemungkinan Anda tertular pun juga akan semakin kecil.