Whatsapp Sedang Siapkan Fitur Baru untuk Mengedit Teks

Whatsapp Sedang Siapkan Fitur Baru untuk Mengedit Teks

Whatsapp memang dikenal sebagai salah satu aplikasi komunikasi yang paling sering melakukan update, ini disebabkan karena pihak pengembang ingin memberikan pelayanan terbaik kepada penggunanya.

Salah satunya adalah dengan mengeluarkan fitur-fitur terbarunya, belum lama ini mereka telah merilis 3 fitur baru, yaitu pengiriman file hingga 2GB, reaction emoji dan peserta grup mencapai 512. Kali ini WA juga sudah bersiap memperkenalkan fitur paling barunya, yakni mengedit chat yang sudah terkirim.

Fitur baru Whatsapp

Masalahnya adalah WhatsApp memberitahu pengguna lain bahwa Anda telah menghapus pesan. Sekarang solusi terbaik akhirnya berhasil. Menurut WABetaInfo, baru-baru ini dikutip oleh 9to5mac, WhatsApp sedang mengerjakan kemampuan untuk mengedit pesan teks dalam pembaruan di masa mendatang.

Hingga saat ini, publikasi tersebut percaya bahwa WhatsApp tidak akan menyertakan riwayat edit untuk memeriksa versi sebelumnya dari pesan yang diedit, tetapi karena fitur tersebut masih dalam proses, rencana tersebut dapat berubah.

Juga, tidak jelas berapa lama orang harus mengedit posting mereka. Misalnya, ketika WhatsApp memperkenalkan kemampuan untuk menghapus pesan terkirim, pengguna memiliki waktu tujuh menit untuk menghapus pesan teks.

WABetaInfo membagikan tangkapan layar aplikasi Android untuk saat ini, meskipun postingan tersebut mengonfirmasi bahwa fitur tersebut juga sedang dikembangkan untuk WhatsApp untuk iOS dan desktop. Dalam obrolan, jika Anda menekan lama pada pesan, tombol “Edit” baru akan muncul, maka pengguna dapat memperbaiki pesan atau menambahkan lebih banyak informasi.

Saat ini Instagram memberikan fitur yang memungkinkan penggunanya menghapus pesan, Facebook dengan mengedit postingannya dan Messenger membatalkan pengiriman. Sedangkan di Whatsapps Anda nantinya bisa melakukan semua dengan bebas.

Deretan fitur baru dari Whatsapp yang bisa dinikmati pengguna

Berikut dibawah ini adalah beberapa fitur yang sudah dirilis oleh pihak Whatsapp sebelum nantinya mereka kembali memperkenalkan fitur barunya, yaitu :

  • Reactions 

Reaction Emoji, merupakan sebuah fitur dimana Anda bisa memberikan reaksi pada pesan dari seseorang. Ada 6 jenis emoji yang bisa dipilih, yaitu jempol, love, tertawa, menangis, kaget dan berdoa.

Anda cukup menekan agak lama pada balon chat yang akan diberikan reaksi dan nantinya akan muncul pilihan-pilihan tersebut. Menurut pihak WA, nantinya akan ada lebih banyak pilihan seiring berjalannya waktu.

  • Berbagi file hingga 2 GB 

Fitur terbaru yang berikutnya adalah Anda sekarang sudah bisa mengirimkan file berupa dokumen, media dan lainnya hingga 2GB. Tentunya ini merupakan sebuah upaya terbaik dari WA, dari yang sebelumnya hanya 100 MB kini menjadi 2GB, peningkatan yang sangat besar.

Namun, Anda tetap harus menghemat. Karena seperti yang diketahui bersama, jika mengirimkan file atau dokumen secara langsung sebesar 2GB pastinya akan membuat performa aplikasi atau jaringan menjadi melambat. 

Belum lagi, kuota yang dibutuhkan akan lebih besar. Jadi, bagi Anda yang memang ingin mengirimkan file dalam jumlah besar, disarankan mencari koneksi WiFi atau mempunyai kuota yang banyak. Lalu, pastikan juga jika jaringan internet Anda stabil. 

  • Dapat menampung 512 orang dalam satu grup WA

Fitur terakhir adalah pembaruan dalam jumlah pengguna grup, dimana yang awalnya hanya bisa menampung 256 orang saja. Kini bisa mencapai 512 anggota, tentunya hal ini akan sangat bermanfaat bagi Anda yang mengikuti komunitas.

Whatsapp Sedang Siapkan Fitur Baru untuk Mengedit Teks

Fitur terbaru pada WA Web

Fitur-fitur WhatsApp terbaru hadir tidak hanya di aplikasi seluler tetapi juga di WhatsApp Web. Sebagai tambahan informasi, jika WhatsApp jenis ini memudahkan pengguna WA untuk mengakses pesan singkat WA melalui laptop atau komputer tanpa mengunduh aplikasi apa pun.

Untuk menggunakan WA Web, pengguna harus menyinkronkan akun WA di smartphone mereka dengan situs web WA di komputer atau laptop terlebih dahulu. Dulu, pengguna juga harus memastikan jika aplikasi WhatsApp aktif di smartphone jika ingin menggunakan WA Web.

  • Edit foto

Fitur paling ciamik yang dimiliki oleh WA web adalah fitur mengedit photo. Dengan tersedianya fitur ini, Anda bisa melakukan pemotongan, memberikan filter sampai dengan mengubah rotasi dari photo tersebut sebelum dikirim.

  • Membuat stiker

Jika sebelumnya ketika ingin membuat stiker Anda membutuhkan aplikasi pihak ketiga. Kali ini cukup dengan membuka WA web saja, Anda sudah bisa menciptakan stiker-stiker WA yang lucu dan sesuai dengan keinginan. Cara cukup mudah :

  • Masuk kepada WA web Anda melalui komputer atau laptop
  • Masuk ke ruang obrolan
  • Klik tombol attach, biasanya berupa simbol klip
  • Klik tombol stiker
  • Pilihlah gambar yang ingin dijadikan stiker
  • Edit sesuai selera
  • Klik kirim

Nah, itulah tadi informasi mengenai fitur terbaru Whatsapp yang akan segera dirilis kembali dalam beberapa minggu kedepan. Selain, fitur tersebut ada pula fitur terbaru lainnya yang bisa Anda gunakan. Apabila aplikasi WA Anda saat ini belum bisa, maka silahkan di update terlebih dahulu.